%0 Thesis %9 S1 %A Fitriana, Isnaini %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Administrasi Pendidikan %D 2019 %F UNY:74966 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K evaluasi program, model CIPP, multimedia %T EVALUASI PROGRAM DIKLAT TEKNIK MULTIMEDIA DI BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/74966/ %X Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketercapaian pelaksanaan program Diklat Teknik Multimedia dengan menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam, di Balai Latihan Pendidikan teknik DIY, dari aspek konteks (latar belakang dan tujuan program), masukan (SDM, kurikulum, dan sarana prasarana), proses (media, metode dan kesesuaian jadwal) dan hasil peserta diklat teknik multimedia. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP yang dikemukakan oleh Stufflebeam. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari lima peserta, tiga instruktur dan dua panitia penyelenggara. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif sesuai teori Miles, Huberman & Saldana. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan ketercapaian pelaksanaan program (1) konteks: Latar belakang, dasar hukum serta tujuan pelaksanaan program dalam kategori baik. (2) masukan: kualifikasi peserta adalah cukup. Penyelenggara diklat teknik multimedia adalah baik. (b) Kurikulum telah disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha/dunia industri dan perkembangan zaman. (c) Sarana dan Prasarana diklat teknik multimedia telah lengkap dan memadai. Dengan demikian, masukan program diklat teknik multimedia termasuk dalam kategori baik, dengan tingkat ketercapaian sebesar 95.5%. (3) Proses: Media dan metode pembelajaran variatif dan termasuk dalam kategori baik. (4) Hasil lulusan secara kuantiatif adalah baik. Secara kualitatif, nilai rata rata siswa adalah 82, yang dapat dikategorikan baik.