%I Fakultas Ilmu Pendidikan %T IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA %D 2019 %L UNY74953 %K Implementasi penguatan pendidikan karakter, SMK %A Fatimah Fatimah %X Penelitian ini berjudul “Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 2 Yogyakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Ketua Kompetensi Keahlian, pendidik dan peserta didik. Penentuan sumber data penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Cresswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMKN 2 Yogyakarta dilaksanakan melalui 1) Kegiatan intrakurikuler dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan Praktik Kerja Industri di DU/DI, 2) Kegiatan kokurikuler yang diwujudkan melalui pemberian jobsheet, tugas praktik kejuruan, dan quiz, 3) kegiatan ekstrakurikuler yang diwujudkan melalui penyediaan kegiatan ekstrakurikuler yang memuat nilai-nilai karakter, dan 4) kegiatan pengembangan diri yang terdiri atas kegiatan terprogram, rutin, spontan, keteladanan dan pengkondisian yang didalamnya memuat nilai-nilai pendidikan karakter.