@phdthesis{UNY74949, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS III MI DI KECAMATAN PARAKAN}, author = {Audina Makamila}, month = {November}, year = {2022}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Big Book terhadap minat belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Parakan. Big Book yang dimaksud adalah sebuah media pembelajaran yang materinya dijelaskan melalui gambar berwarna dengan kalimat penjelas yang berukuran besar cukup dijangkau seluruh siswa dikelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Parakan dengan total 10 Madrasah dengan sampel 2 Madrasah. Teknik pengumpulan data minat belajar siswa menggunakan angket dengan skala Likert. Skala minat ini diujicobakan kepada 33 siswa. Uji validasi instrumen menggunakan validasi konstruk, uji beda menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas dihitung menggunakan rumus Cronbach?s alpha dengan nilai R sebesar 0,864. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah mann-withney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Big Book terhadap minat belajar siswa dengan selang kepercayaan 95\% maka sig levelnya adalah 100-95=5\% (0,05). Nilai sig dalam uji mann- whitney U adalah 0,003 ({\ensuremath{<}}0,05) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa ?Terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Parakan?. Kata kunci: Media Pembelajaran, Big Book, Minat Belajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/74949/} }