TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada santri Pondok Pesantren Darush Shalihat berdasarkan lima dimensi menurut Organ (1988), yaitu altruism, conscientiousness, sportsmanship, courtesy, dan civic virtue. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian populasi. Subjek pada penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Darush Shalihat yang berjumlah 81 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan sumber data primer yaitu kuesioner, serta sumber data pendukung yaitu observasi dan wawancara. Uji validitas instrumen dilakukan melalui expert judgment. Sedangkan uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan metode koefisien Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 57 orang (70%) memiliki tingkat OCB dalam kategori tinggi, 24 orang (29,6%) termasuk kategori sedang, dan tidak ada responden yang memiliki tingkat OCB dalam kategori rendah (0,0%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar santri Ponpes Darush Shalihat memiliki tingkat OCB tinggi. Berdasarkan lima dimensi bahwa dimensi yang memperoleh penilaian dalam kategori tinggi sebanyak tiga dimensi (60%) yaitu conscientiousness, sportsmanship, dan courtesy. Dimensi yang memperoleh penilaian dalam kategori sedang sebanyak dua dimensi (40%) yaitu altruism dan civic virtue. Tidak terdapat dimensi yang memperoleh penilaian dalam kategori rendah (0%). Jadi dapat disimpulkan bahwa tiga dari lima dimensi memperoleh penilaian dalam kategori tinggi (60%), sedangkan dualainnya memperoleh penilaian dalam kategori sedang (40%). Y1 - 2019/08/29/ A1 - Aulia, Elenda Vitita PB - Fakultas Ilmu Pendidikan ID - UNY74928 M1 - skripsi AV - restricted TI - ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSH SHALIHAT KW - Organizational Citizenship Behavior (OCB) KW - santri KW - Pondok Pesantren Darush Shalihat UR - http://eprints.uny.ac.id/74928/ ER -