@phdthesis{UNY74923, month = {August}, title = {EVALUASI PROGRAM SEKOLAH SEHAT DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-AZHAR 31 YOGYAKARTA}, author = {Putri Herdiyanti}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2019}, keywords = {program sekolah sehat, model evaluasi discrepancy}, url = {http://eprints.uny.ac.id/74923/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program sekolah sehat di SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model evaluasi discrepancy yang dikembangkan oleh Provus. Model evaluasi ini menekankan pada pandangan adanya kesenjangan di dalam pelaksanaan program. Evaluasi yang dilakukan yaitu mengukur besarnya kesenjangan yang ada di dalam komponen. Subjek penelitian terdiri dari petugas UKS, guru, dan orang tua/wali. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data penelitian menggunakan model analisis Miles, Hubberman, \& Saldana, yaitu berupa aktivitas kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) komponen input yaitu kebijakan sekolah, program sekolah sehat, standar fisik sekolah, sarana dan prasarana, serta ketenagakerjaan telah memenuhi standar minimal memperoleh persentase 94,27\% dengan kategori sangat baik. 2) komponen proses meliputi pendidikan kesehatan, pelaksanaan program sekolah sehat, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat telah memenuhi standar minimal memperoleh persentase 82,76\% dengan kategori baik. 3) komponen produk yaitu peserta didik. Program sekolah sehat mendukung peserta didik sehingga terpenuhinya gizi, lingkungan, serta sarana dan prasarana, yang berdampak pada kesehatan dan prestasi peserta didik. Komponen produk telah memenuhi standar dan memperoleh persentase sebesar 86,6\% dengan kategori sangat baik. Secara umum program sekolah sehat di SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta telah memenuhi standar minimal.} }