%0 Journal Article %@ 978-979-16353-8-7 %A Angelia Padmarini, Dharmamurti %A Ch. Enny, Murwaningtyas %D 2012 %F UNY:7492 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %K efektivitas, pembelajaran remedial, alat peraga, “Kotak Geser”, perkalian dan faktorisasi bentuk aljabar %P 1-10 %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA “KOTAK GESER” PADA MATERI PERKALIAN DAN FAKTORISASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 2 JETIS BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/7492/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran remedial dengan menggunakan alat peraga “Kotak Geser” ditinjau dari hasil belajar siswa pada materi perkalian dan faktorisasi bentuk aljabar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII b SMPN 2 Jetis, dengan jumlah siswa 33 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa 1) Alat peraga 2) Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran 3) Ulangan Harian siswa 4) Lembar observasi 5) Ulangan remedial siswa. Data yang digunakan peneliti adalah data kesulitan belajar siswa, data proses pembelajaran dan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang dicapai setelah pembelajaran remedial dengan menggunakan alat peraga tidak melebihi target dari peneliti yaitu 58,1% ketuntasan, namun hasil ini sudah lebih meningkat dibandingkan hasil ulangan harian yang hanya mencapai 6,1% ketuntasan. Walaupun begitu, hasil ulangan remedial yang diperoleh tetap dikatakan tidak efektif karena tidak mencapai target yang ditentukan oleh peneliti yaitu 70% siswa mencapai nilai KKM. Sehingga pembelajaran remedial dengan menggunakan alat peraga pada materi perkalian dan faktorisasi bentuk aljabar yang dilakukan pada siswa kelas VIII b SMPN 2 Jetis Bantul masuk dalam kriteria cukup efektif. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran remedial, alat peraga, “Kotak Geser”, perkalian dan faktorisasi bentuk aljabar.