TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/74919/ ID - UNY74919 TI - MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN GURU KHAS PAPUA A1 - Ambarura, Petrus PB - Fakultas Ilmu Pendidikan KW - Model manajemen KW - guru SD KW - khas Papua KW - KPG Y1 - 2022/// N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen Pendidikan Guru Khas Papua yang efektif untuk menyiapkan guru sekolah dasar di Papua. Model pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk dalam penelitian ini adalah model Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE). Lokasi penelitiannya meliputi KPG khas Papua (Merauke), KPG khas Papua (Timika), dan KPG khas Papua (Nabire). Jumlah responden yang dilibatkan mencapai 64 orang responden. Untuk mengetahui tingkat efektivitas, efisiensi, dan dampak model hasil pengembangan menggunakan analisis matematis (persentase) dan untuk uji empiriknya menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini yaitu, 1) model manajemen pendidikan guru khas Papua yang dijalankan selama ini masih menggunakan standar ganda akibat adanya dua kebijakan yang mendasari pendiriannya; 2) kelemahan model manajemen pendidikan guru khas Papua yang sudah berjalan selama ini terletak pada manajemen yang masih rancu diakibatkan berada dalam tiga lembaga yang sama-sama menaungi keberadaan KPG yaitu UNCEN, Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, serta Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik; 3) model manajemen pendidikan guru khas Papua yang efektif dan efisien untuk menyiapkan guru sekolah dasar di Papua adalah model manajemen KPG khas Papua yang pengelolaannya dilakukan oleh pihak KPG sendiri dan berada dibawah satu lembaga yang menaungi agar tidak menimbulkan double standard (pengelolaan berganda); 4) tingkat efektivitas model manajemen pengelolaan KPG khas Papua untuk menyiapkan guru sekolah dasar di Papua dengan hasil pengembangan mencapai 87,17%; mengalami peningkatan sebesar 11,05% dari efektivitas model lama yang hanya sebesar 76,11%; 5) tingkat efisiensi model manajemen KPG khas Papua untuk menyiapkan guru sekolah dasar di Papua dengan hasil pengembangan mencapai 87,40%; mengalami peningkatan sebesar 12,10% dari efektivitas model lama yang hanya sebesar 75,39%; 6) dampak penerapan model manajemen KPG khas Papua hasil pengembangan terhadap kemudahan guru dalam menjalankan tugasnya di KPG khas Papua mencapai nilai persentase sebesar 84,25% sementara dampak dari model lama hanya 71,97% dengan peningkatan sebesar 12,28% AV - restricted M1 - disertasi ER -