<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN GURU KHAS PAPUA"^^ . "Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan model\r\nmanajemen Pendidikan Guru Khas Papua yang efektif untuk menyiapkan guru\r\nsekolah dasar di Papua. \r\nModel pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk dalam\r\npenelitian ini adalah model Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate \r\n(ADDIE). Lokasi penelitiannya meliputi KPG khas Papua (Merauke), KPG khas\r\nPapua (Timika), dan KPG khas Papua (Nabire). Jumlah responden yang dilibatkan\r\nmencapai 64 orang responden. Untuk mengetahui tingkat efektivitas, efisiensi,\r\ndan dampak model hasil pengembangan menggunakan analisis matematis\r\n(persentase) dan untuk uji empiriknya menggunakan uji paired sample t-test. \r\nHasil penelitian ini yaitu, 1) model manajemen pendidikan guru khas\r\nPapua yang dijalankan selama ini masih menggunakan standar ganda akibat\r\nadanya dua kebijakan yang mendasari pendiriannya; 2) kelemahan model\r\nmanajemen pendidikan guru khas Papua yang sudah berjalan selama ini terletak\r\npada manajemen yang masih rancu diakibatkan berada dalam tiga lembaga yang\r\nsama-sama menaungi keberadaan KPG yaitu UNCEN, Dinas Pendidikan,\r\nPerpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, serta Yayasan Pendidikan dan\r\nPersekolahan Katolik; 3) model manajemen pendidikan guru khas Papua yang\r\nefektif dan efisien untuk menyiapkan guru sekolah dasar di Papua adalah model\r\nmanajemen KPG khas Papua yang pengelolaannya dilakukan oleh pihak KPG\r\nsendiri dan berada dibawah satu lembaga yang menaungi agar tidak menimbulkan\r\ndouble standard (pengelolaan berganda); 4) tingkat efektivitas model manajemen\r\npengelolaan KPG khas Papua untuk menyiapkan guru sekolah dasar di Papua\r\ndengan hasil pengembangan mencapai 87,17%; mengalami peningkatan sebesar\r\n11,05% dari efektivitas model lama yang hanya sebesar 76,11%; 5) tingkat\r\nefisiensi model manajemen KPG khas Papua untuk menyiapkan guru sekolah\r\ndasar di Papua dengan hasil pengembangan mencapai 87,40%; mengalami\r\npeningkatan sebesar 12,10% dari efektivitas model lama yang hanya sebesar\r\n75,39%; 6) dampak penerapan model manajemen KPG khas Papua hasil\r\npengembangan terhadap kemudahan guru dalam menjalankan tugasnya di KPG\r\nkhas Papua mencapai nilai persentase sebesar 84,25% sementara dampak dari\r\nmodel lama hanya 71,97% dengan peningkatan sebesar 12,28%"^^ . "2022" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Petrus"^^ . "Ambarura"^^ . "Petrus Ambarura"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN GURU KHAS PAPUA (Text)"^^ . . . "MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN GURU KHAS PAPUA (Other)"^^ . . . . . . "MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN GURU KHAS PAPUA (Other)"^^ . . . . . . "MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN GURU KHAS PAPUA (Other)"^^ . . . . . . "MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN GURU KHAS PAPUA (Other)"^^ . . . . . . "MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN GURU KHAS PAPUA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #74919 \n\nMODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN GURU KHAS PAPUA\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .