@phdthesis{UNY74918, author = {Salmaa Ainun Susatyo}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA DOHAJI (LUDO HAK DAN KEWAJIBAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MUATAN PPKN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 4}, year = {2022}, month = {November}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media DOHAJI (Ludo Hak dan Kewajiban) yang layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar muatan PPKn kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R\&D) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini hanya sampai tahap keempat, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), dan implementasi (implementation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi media dan materi oleh ahli, media telah layak digunakan dengan hasil rata-rata validasi sebesar 4,85 yang termasuk kategori ?sangat baik?. Rata-rata validasi ini diperoleh dari hasil validasi materi dengan rata-rata 4,7 yang termasuk pada kategori ?sangat baik? dan hasil validasi media dengan rata-rata skor 5 yang termasuk pada kategori ?sangat baik?. Pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil, media juga menunjukkan hasil dengan kategori ?sangat baik? dengan presentase 92,5\% pada uji coba perorangan dan presentase 96,25\% pada uji coba kelompok kecil. Secara keseluruhan, media ini sudah dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar muatan PPKn kelas IV Sekolah Dasar. Kata kunci: media, hak dan kewajiban, kemandirian belajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/74918/} }