<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMNJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH"^^ . "Capaian hasil Pengembangan model Penjaminan Mutu Pendidikan Madrasah\r\nAliyah (PMPMA) di Daerah Istimewa Yogyakarta belum merata dan kelangsungan akses\r\npemenuhan mutu pendidikan Madrasah Aliyah (MA) Reguler kurang maksimal. \r\n Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui model PMPMA yang ada selama\r\nini, (2) menemukan kelemahan model PMPMA; (3) mengembangkan model PMPMA\r\nyang efektif, efisien, dan praktis untuk peningkatan mutu; (4) langkah pengembangan\r\nmodel PMPMA; dan (5) menemukan tingkat Efektivitas, Efisiensi, dan Kepraktisan\r\n(EEK) model PMPMA dari hasil pengembangan.\r\n Metode penelitian menggunakan pengembangan model Borg & Gall, 10 langkah\r\ndisedehanakan menjadi tiga langkah yaitu: (1) pendahuluan, (2) pengembangan model,\r\ndan (3) uji coba model. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, FGD,\r\ndan angket penilaian-validitasi produk hasil pengembangan model, data analisis\r\ndeskriptif kualitatif-kuantitatif. Objek penelitian; MAN 1 Yogyakarta, MAN 3 Sleman,\r\ndan MAN 3 Bantul. \r\n Hasil penelitian adalah: (1) model PMPMA selama satu dekade, ada tiga tahap: (a)\r\nTahun 2012 desain konsep dasar penyelenggaraan Rintisan Madrasah Unggul Madrasah\r\nAliyah (RMUMA) dengan pemetaan mutu madrasah, (b) implementasi RMUMA tahun\r\n2013-2016 melalui instrumen ISO 9001: 2000, (c) tahun 2017-2020, piloting pelaksanaan\r\nsistem penjaminan mutu pendidikan mandiri mengacu Standar Nasional Pendidikan\r\n(SNP). Kebijakan mutu, berdampak positif terhadap perkembangan desain tata kelola\r\nmutu lembaga dan meningkatkan capaian prestasi akademik madrasah rintisan; (2)\r\nkelemahan model penjaminan mutu MA adalah: (a) capaian mutu pendidikan madrasah\r\nbinaan Kemenag DIY belum merata, terbatas piloting mutu yang berdampak akses\r\npemenuhan fasilitas peningkatan mutu madrasah dan pengembangan standar mutu\r\npendidikan; (b) sebaliknya, keberlangsungan akses pemenuhan standar mutu pendidikan\r\nMA-Reguler kurang maksimal. (3) model PMPMA yang efektif, efisien, dan praktis\r\nuntuk semua madrasah adalah produk pengembangan model PMPMA; (4) langkah\r\npengembangan model PMPMA yaitu: (a) melaksanakan lima siklus penjaminan mutu\r\npendidikan, (b) melakukan tiga langkah pengembangan standar mutu pendidikan meliputi\r\ninputs, proses, dan outputs. Pendukung mutu dengan menegakkan lima dasar nilai budaya\r\nkerja Kemenag: integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan\r\ndidasari motto spirit ikhlas beramal demi terwujudnya kepastian peningkatan mutu\r\nkinerja dan tercipta budaya mutu pendidikan internal madrasah; (5) tingkat EEK model\r\nPMPMA berdasarkan hasil uji produk sangat bagus dan produk layak digunakan."^^ . "2022" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Ali"^^ . "Asmui"^^ . "Ali Asmui"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMNJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMNJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMNJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMNJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMNJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMNJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #74905 \n\nPENGEMBANGAN MODEL PEMNJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .