@phdthesis{UNY74901, year = {2019}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN BANTUL}, author = {Salma Azizah}, month = {November}, keywords = {principals transformational leadership, organizational culture, performance of first middle school teacher}, url = {http://eprints.uny.ac.id/74901/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru, dan (3)pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ekpos fakto. Populasi penelitian adalah guru Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Bantul yang berjumlah 343 guru. Sampel diambil dengan teknik proportional stratified samplingsehinggadidapatkan sampel sebanyak 164guru. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala penilaian kategoridengan 4 alternatif jawaban. Uji validitas instrumen menggunakan teknik expert judgment dan uji reabilitas instrumen menggunakan teknik alpha cronbach.Uji prasyarat analisisuji normalitas, linieritas, dan multikolonieritas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan kategori, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan Fhitung{\ensuremath{>}}Ftabel (34,367{\ensuremath{>}}3,8995). (2) Terdapat pengaruh positif signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru dengan Fhitung{\ensuremath{>}}Ftabel (210,415{\ensuremath{>}}3,8995). (3) Terdapat pengaruh positif signifikankepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan Fhitung{\ensuremath{>}}Ftabel (109,449{\ensuremath{>}}3,0521) dengan sumbangan efektifnya sebesar 57,1\% dan sisanya sebesar 42,9\% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa budaya organisasi lebih besar pengaruhnya dibandingkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah.} }