@phdthesis{UNY74901,
            year = {2019},
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
           title = {PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL
KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP
KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
SE-KECAMATAN BANTUL},
          author = {Salma Azizah},
           month = {November},
        keywords = {principals transformational leadership, organizational culture,
performance of first middle school teacher},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/74901/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan
transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) pengaruh budaya
organisasi terhadap kinerja guru, dan (3)pengaruh kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama
terhadap kinerja guru.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan ekpos fakto. Populasi penelitian adalah guru Sekolah Menengah
Pertama se-Kecamatan Bantul yang berjumlah 343 guru. Sampel diambil dengan
teknik proportional stratified samplingsehinggadidapatkan sampel sebanyak
164guru. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala penilaian
kategoridengan 4 alternatif jawaban. Uji validitas instrumen menggunakan teknik
expert judgment dan uji reabilitas instrumen menggunakan teknik alpha
cronbach.Uji prasyarat analisisuji normalitas, linieritas, dan multikolonieritas.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan kategori, analisis regresi
sederhana, dan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif
signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru
dengan Fhitung{\ensuremath{>}}Ftabel (34,367{\ensuremath{>}}3,8995). (2) Terdapat pengaruh positif signifikan
budaya organisasi terhadap kinerja guru dengan Fhitung{\ensuremath{>}}Ftabel (210,415{\ensuremath{>}}3,8995).
(3) Terdapat pengaruh positif signifikankepemimpinan transformasional kepala
sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan
Fhitung{\ensuremath{>}}Ftabel (109,449{\ensuremath{>}}3,0521) dengan sumbangan efektifnya sebesar 57,1\% dan
sisanya sebesar 42,9\% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam
penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa budaya organisasi lebih
besar pengaruhnya dibandingkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah.}
}