TY - THES M1 - skripsi TI - PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDIT ULUL ALBAB 01 PURWOREJO AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/74891/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru terhadap pendidikan karakter peserta didik di SDIT Ulul Albab 01 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, serta perwakilan dari guru di SDIT Ulul Albab 01 Purworejo. Lokasi penelitian di SDIT Ulul Albab 01 Purworejo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan menggunakan model analisis kualitatif dari Miles dan Huberman yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian bahwa di SDIT Ulul Albab 01 Purworejo telah menjalankan lima peran guru terhadap pendidikan karakter yaitu peran guru sebagai teladan, inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator. Peran guru terhadap pendidikan karakter tidak hanya terlihat saat proses pembelajaran di kelas, namun saat di luar jam proses pembelajaran guru juga senantiasa menjalankan perannya terhadap pendidikan karakter peserta didik. Maka secara keseluruhan guru telah menjalankan lima peran tersebut untuk mencapai visi di SDIT Ulul Albab 01 Purworejo yang berkaitan erat dengan pendidikan karakter peserta didik salah satunya yaitu mencetak genarasi yang berakhlak mulia. Adapun Nilai karakter yang tertanam dari peran guru yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, dan tanggungjawab. Hal tersebut sesuai dengan nilai karakter menurut Pemerintah dalam badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional. Y1 - 2019/11/03/ A1 - Nisa?, Afifah Khoirun PB - Universitas Negeri Yogyakarta EP - 185 ID - UNY74891 KW - Peran Guru KW - Pendidikan Karakter ER -