@phdthesis{UNY74886, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, author = {Muhammad Dzaki Riana}, month = {July}, title = {KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA}, year = {2019}, keywords = {Kepuasan pengguna, Perpustakaan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/74886/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap layanan di Perpustakaan Kota Yogyakarta yang diukur dengan menggunakan beberapa aspek kualitas layanan, yaitu: (1) tangibles (keberwujudan), (2) responsiveness (ketanggapan), (3) reliability (keandalan), (4) assurance (keyakinan), (5) empathy (empati). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penilitian ini adalah pengguna layanan di Perpustakaan Kota Yogyakarta selama satu minggu pada bulan Novermber 2018 yang berjumlah 3000 orang. Penentuan sampel dengan menggunakan teori oleh Sugiyono (2001: 60) sehingga diperoleh sampel sebanyak 312 orang dengan menggunakan teknik sampling aksidental. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan cara membagikan angket kepada siapa saja yang secara kebetulan ditemui peneliti dan dapat digunakan sebagai sampel selama satu minggu. Teknik analisis data secara deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian mennunjukkan data sebagai berikut. (1) Kepuasan pengguna ditinjau dari aspek tangibles masuk dalam kategori memuaskan dengan prersentase sebesar 80,48\%. (2) Kepuasan pengguna ditinjau dari aspek responsiveness masuk dalam kategori memuaskan dengan prersentase sebesar 86,19\%. (3) Kepuasan pengguna ditinjau dari aspek reliability masuk dalam kategori memuaskan dengan prersentase sebesar 85,19\%. (4) Kepuasan pengguna ditinjau dari aspek assurance masuk dalam kategori memuaskan dengan prersentase sebesar 85,29\%. (5) Kepuasan pengguna ditinjau dari aspek empathy masuk dalam kategori memuaskan dengan prersentase sebesar 85,26\%.} }