@phdthesis{UNY74867, year = {2019}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, author = {Dzurriyyatina Ahsana}, title = {PENGATURAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI TLACAP PANDOWOHARJO SLEMAN}, month = {July}, keywords = {Pengaturan, Sarana dan prasarana, SRA}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaturan sarana dan prasarana sekolah ramah anak di SD Negeri Tlacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, koordinator Sekolah Ramah Anak (SRA), dan penanggung jawab sarana dan prasaranadi SD Negeri Tlacap. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Layout di luar kelas diatur agar memudahkan dalam memberikan pengawasan dan mudah dijangkau peserta didik. Alokasi dan distribusi prasarana dan sarana diatur sesuai kegunaan dan kebutuhan, hanya saja alokasi toilet belum sesuai dengan rasio yang ditentukan. Terkait konstruksi, SD Negeri Tlacap belum memiliki akses untuk peserta didik berkebutuhan khusus yang menggunakan kursi roda. (2) Pengaturan layout kelas disesuaikan dengan kebijakan masing-masing kelas. Alokasi/distribusi sarana dan prasarana di sesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di dalam kelas. Konstruksi sarana dan prasarana yang digunakan, ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan dan tubuh usia sekolah dasar baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Sarana dan prasarana terkait kemudahan, kesehatan, kenyamanan, dan keamanan sudah sebagian besar sudah sesuai dengan teori. Hanya saja meja dengan sisi tumpul belum dimiliki semua kelas.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/74867/} }