%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) persiapan prakerin; 2) pelaksanaan prakerin; dan 3) evaluasi prakerin di SMK SMTI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bagian Humas, Kepala Urusan Prakerin, Guru Pembimbing dan Tim Pemantau prakerin, Siswa yang telah melaksanakan prakerin, dan Pembimbing Lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana, dengan tahapan: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) persiapan prakerin di SMK SMTI Yogyakarta meliputi sosialisasi prakerin, pendaftaran prakerin, bimbingan pra prakerin, pembekalan dan pelepasan prakerin. 2) pelaksanaan prakerin di SMK SMTI Yogyakarta meliputi penempatan siswa prakerin, kegiatan prakerin yang berisi pengarahan dan pembimbingan di tempat prakerin; kegiatan siswa di tempat prakerin; fasilitas yang diberikan oleh tempat prakerin; dan kelengkapan administrasi yang dibawa ketika selesai prakerin, monitoring prakerin, dan bimbingan prakerin. 3) evaluasi prakerin di SMK SMTI Yogyakarta dilaksanakan oleh pihak tempat prakerin berupa penilaian dari tempat prakerin dan evaluasi oleh pihak sekolah berupa penilaian siswa dari pihak sekolah serta penyelenggaraan prakerin sekolah. %A Debira Adhiyanti %K penyelenggaraan, praktik kerja industri, SMK %L UNY74865 %T PENYELENGGARAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI SMK SMTI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 %D 2019 %I Fakultas Ilmu Pendidikan