TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dasar, pola, faktor pendukung dan penghambat serta strategi manajemen teaching factory di SMK Negeri 1 Kalasan dan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kalasan dan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Subyek penelitian terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala kompetensi keahlian, guru serta siswa. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan model interaktif dari Miles & Hubberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Konsep Teaching Factory yaitu sebuah konsep pembelajaran yang mengatur suasana belajar di sekolah disamakan dengan keadaan industri. (2) Pola yang digunakan dalam manajemen teaching factory di sekolah menggunakan empat fungsi manajemen yaitu (a) perencanaan, dalam perencanaan sekolah melakukan analisis kondisi sekolah ditinjau dari sumberdaya manusia, fasilitas, kurikulum serta dukungan dari industri, (b) pengorganisasian manajemen teaching factory dilakukan dengan cara membuat team, membagi tugas dan melaksanakan koordinasi untuk mencapai tujuan sekolah, (c) pelaksanaan manajemen teaching factory di sekolah sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan yaitu kegiatan pembelajaran berbasis produk/jasa dan didukung dengan sistem jadwal blok, pola pembelajaran meliputi RPP, Jobsheet dan penilaiannya berbasis teaching factory, serta bahan ajar yang digunakan berbasis Corporate culture, (d) pengawasan manajemen teaching factory dilakukan untuk mengevaluasi apakah program yang dijalankan oleh sekolah sudah berjalan semestinya atau ada kendala. Pengawasan yang ada di sekolah dilakukan oleh berbagai pihak terkait baik dari internal maupun eksternal sekolah. (3) Faktor pendukung manajemen teaching factory yang ada disekolah meliputi: sumberdaya manusia yang profesional, kelengkapan sarana prasarana dan Partisipasi peserta didik. Sedangkan faktor penghambat manajemen teaching factory adalah manajemen waktu, keterlambatan bahan praktek serta pemasaran. (4) Strategi yang digunakan dalam manajemen teaching factory yang ada di sekolah meliputi: penyelarasan kurikulum dan kerjasama industri, magang, serta komitmen dan integritas baik dari internal maupun eksternal sekolah. M1 - d3ta AV - restricted TI - MANAJEMEN TEACHING FACTORY DI SMK NEGERI 1 KALASAN DAN SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA A1 - Apriadi, Heri PB - Fakultas Ilmu Pendidikan ID - UNY74857 KW - Manajemen KW - Teaching Factory KW - SMK UR - http://eprints.uny.ac.id/74857/ Y1 - 2021/// ER -