%I Fakultas Ilmu Keolahragaan %D 2022 %T Kesulitan Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Secara Daring Kelas VII F SMP Negeri 1 Depok Sleman %L UNY74727 %K kesulitan peserta didik, pembelajaran daring, PJOK %A Ahmad Kurniawan %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap atau mencari tahu tentang kesulitan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara daring dikelas VIII F SMP Negeri 1 Depok Sleman. Penelitian ini adalah penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Responden pada penelitian ini berjumlah 15 peserta didik kelas VIII F yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara daring. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan 1). Peneliti mencari data peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara daring untuk dijadikan responden, 2). Peneliti memberikan angket kepada responden untuk diisi, 3).Peneliti mengumpulkan angket dan melakukan transkip dari hasil pengisian yang dilakukan oleh responden, 4). Peneliti mengolah data menggunakan analisis statistik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif persentase Hasil penelitian dapat diketahui dari faktor internal yang mempengaruhi kesulitan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara daring yaitu 1). Motivasi berada pada kategori tinggi 53,33%, 2). Minat berada pada kategori tinggi 46,68%, 3). Kesehatan dan kebugaran jasmani berada pada kategori rendah 40%. Adapun faktor eksternal yaitu 1). Lingkungan berada pada kategori tinggi 53,33%, 2). Game dan sosial media berada pada kategori rendah 40%, 3). Jaringan internet pada kategori rendah 53,33%, 4). Kuota internet pada kategori tinggi 40%, 5). Alat komunikasi pada kategori tinggi 33,33%, 6). Sarana dan prasarana pada kategori tinggi 33,33%. %O Dosen Pembimbing: Dr. Farida Mulyaningsih, M.Kes.