%0 Thesis %9 S1 %A Waly, Muhammad Arfandi %A Ahmad Rithaudin, M.Or., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2022 %F UNY:74725 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K pendekatan saintifik, kompetensi, pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan %T Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dengan Pendekatan Saintifik di SD Se-Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Jawa Tengah %U http://eprints.uny.ac.id/74725/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan pendekatan saintifik di SD se-Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan menggunakan instrumen kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PJOK yang mengajar di SD Negeri se-Kecamatan Gabus Kabupaten Pati dengan sampel 20 guru. Teknik analisis menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dengan persentase. Selanjutnya, hasil dari penelitian kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran PJOK dengan pendekatan saintifik di SD negeri se-Kecamatan Gabus Kabupaten Pati menunjukkan hasil dengan persentase 100% sangat tinggi, 0% tinggi, 0% rendah, dan 0% sangat rendah. Dan berdasarkan tiga faktor diantaranya faktor perencanaan pembelajaran menunjukkan hasil persentase 100% sangat tinggi, 0% tinggi, 0% rendah, dan 0% sangat rendah. Faktor pelaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil persentase 95% sangat tinggi, 5% tinggi, 0% rendah, dan 0% sangat rendah, dan faktor evaluasi hasil belajar dan penilaian menunjukkan persentase menunjukan hasil persentase 85% sangat tinggi, 15% tinggi, 0% rendah, dan 0% sangat rendah. %Z Dosen Pembimbing: Ahmad Rithaudin, M.Or.