TY - THES M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas cognitive behavior therapy (CBT) dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi perilaku kecanduan game online pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi menggunakan desain nonequivalent control group design . Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengalami kecanduan game online yang berjumlah 110 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa yang memiliki skor kecanduan game online sangat tinggi dan tinggi dan bersedia mengikuti treatmen berjumlah 16 peserta didik, sehingga diperoleh subjek pada kelompok eksperimen sebanyak 8 siswa dan subjek pada kelompok kontrol sebanyak 8 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan Gain Score yang pengujiannya menggunakan bantuan program Microsoft Exel. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: CBT teknik restrukturisasi kognitif efektif terhadap penurunan kecanduan game online pada peserta didik SMK Negeri 2 yogyakarta, dibuktikan dengan nilai gain score kelompok eskperimen sebesar -20.25; sedangkan pada nilai gain score kelompok kontrol sebesar 0.12. Dengan demikian CBT teknik restrukturisasi kognitif efektif terhadadp penurunan kecanduan game online pada siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta. UR - http://eprints.uny.ac.id/74686/ KW - kecanduan game online KW - CBT teknik konseling restrukturisasi kognitif ID - UNY74686 Y1 - 2020/05/12/ A1 - Rahmatillah, Nuzuli A1 - Setiawati, Farida Agus TI - Efektifitas Cognitive Behavior Theraphy (CBT) dengan teknik restrukturisasi kognitif Terhadap Penurunan Perilaku Kecanduan Game Online Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Yogyakarta. PB - Program Pascasarjana AV - restricted ER -