<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Konstruksi Pendidikan Madrasah dalam Penguatan Karakter Bangsa."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkonstruksi pendidikan madrasah dalam\r\npenguatan karakter di MAN Insan Cendekia, (2) mengeksplorasi budaya dan tradisi\r\npendidikan yang dipraktikkan dalam penguatan karakter bangsa, dan (3)\r\nmenginvestigasi hubungan timbal balik antara praktik pendidikan yang terjadi dengan\r\npenguatan karakter bangsa di MAN Insan Cendekia Gorontalo.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi etnografi. Sumber\r\ndata penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu; a) data primer diperoleh dalam bentuk\r\nkata-kata dan perilaku subjek (informan); dan b) data sekunder diperoleh dari\r\ndokumen-dokumen, foto-foto, dan benda-benda yang dapat digunakan sebagai\r\npelengkap data primer. Selanjutnya, pengumpulan data primer dilakukan melalui\r\nteknik wawancara dan observasi lapangan. Sementara, data sekunder digunakan telaah\r\ndokumentasi. Kemudian, uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data,\r\nrespondent validation, dan perpanjangan keikutsertaan. Terakhir, analisis data dalam\r\npenelitian ini menggunakan Developmental Research Sequence.\r\nHasil penelitian ini: (1) konstruksi pendidikan madrasah dalam penguatan\r\nkarakter bangsa di MAN Insan Cendekia berlandaskan tujuan pendidikan madrasah;\r\nfondasi pendidikan madrasah dalam penguatan karakter bangsa yang terdiri atas dasar\r\nreligius dan konstitusi, dan dasar operasional tujuan pendidikan nasional; pilar-pilar\r\npendidikan madrasah dalam penguatan karakter bangsa yaitu pilar pendidikan Islam\r\ndan pilar pendidikan UNESCO yang saling terintegrasi satu sama lain; dan\r\nkarakteristik pendidikan madrasah dalam penguatan karakter bangsa yang\r\nmenunjukkan gabungan pendidikan umum dan pendidikan agama yaitu pendidikan\r\ntauhid, pendidikan akhlak dan pendidikan ibadah. (2) Budaya pendidikan yang\r\ndipraktikkan dalam penguatan karakter bangsa di MAN Insan Cendekia berpangkal\r\npada pengembangan institutional building, pengembangan character building;\r\npengembangan image building, serta kompetensi dan komitmen SDM seperti kepala\r\nsekolah, guru, dan staf dalam penguatan karakter bangsa; dan (3) Hubungan timbal\r\nbalik antara praktik pendidikan yang terjadi dan hasil penguatan karakter bangsa di\r\nMAN Insan Cendekia Gorontalo tercermin pada prestasi akademik dan non akademik\r\npeserta didik, dampak penguatan karakter peserta didik di lingkungan madrasah dan\r\nkehidupan berasrama, dan dampak penguatan karakter peserta didik setelah menjadi\r\nalumni, antara lain mandiri, survive, dan adaptif. Hal ini menunjukkan terjadi\r\nhubungan timbal balik yang positif antara praktik pendidikan yang terjadi dan hasil\r\npenguatan karakter bangsa di MAN Insan Cendekia Gorontalo."^^ . "2022-07-13" . . . "Program Pascasarjana"^^ . . . "Ilmu Pendidikan, Program Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Burhanudin Abdul Karim"^^ . "Mantau"^^ . "Burhanudin Abdul Karim Mantau"^^ . . "Achmad"^^ . "Dardiri"^^ . "Achmad Dardiri"^^ . . . . . . "Konstruksi Pendidikan Madrasah dalam Penguatan Karakter Bangsa. (Text)"^^ . . . "Konstruksi Pendidikan Madrasah dalam Penguatan Karakter Bangsa. (Other)"^^ . . . . . . "Konstruksi Pendidikan Madrasah dalam Penguatan Karakter Bangsa. (Other)"^^ . . . . . . "Konstruksi Pendidikan Madrasah dalam Penguatan Karakter Bangsa. (Other)"^^ . . . . . . "Konstruksi Pendidikan Madrasah dalam Penguatan Karakter Bangsa. (Other)"^^ . . . . . . "Konstruksi Pendidikan Madrasah dalam Penguatan Karakter Bangsa. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #74600 \n\nKonstruksi Pendidikan Madrasah dalam Penguatan Karakter Bangsa.\n\n" . "text/html" . . . "Agama"@en . . . "Pendidikan (Umum)"@en . . . "Pasca Sarjana" . . . "Studi Islam" . .