TY - THES AV - restricted TI - PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) BAGI TENAGA PENDIDIK PAUD NON FORMAL DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN BANTUL KW - pengelolaan program KW - pendidikan dan pelatihan KW - pendidikan anak usia dini ID - UNY74564 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/74564/ Y1 - 2018/01/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan program pendidikan dan pelatihan bagi pendidik PAUD non formal yang diselenggarakan oleh Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bantul, Ketua Panitia Penyelenggara diklat, Kepala Lembaga PAUD non formal di Kabupaten Bantul, dan pendidik PAUD non formal selaku peserta diklat. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dengan menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diklat ini menggunakan metode on the job training dengan pengelolaan program sebagai berikut: (1) perencanaan yang dilakukan oleh penyelenggara diklat meliputi analisis pekerjaan, menentukan tujuan, serta melaksanakan persiapan administratif, dan persiapan edukatif. Persiapan administratif dan persiapan edukatif terdiri dari: (a) persiapan administratif diklat yang meliputi: pembentukan tim pelaksana, koordinasi antar unsur yang terlibat, menentukan persyaratan sebagai peserta diklat, persiapan terhadap kebutuhan administrasi dan persuratan dalam program diklat, menetapkan kebutuhan diklat melalui pos-pos pembiayaan adminisratif dan pos pembiayaan edukatif, serta menetapkan kebutuhan-kebutuhan sarana dan prasarana yang digunakan. (b) persiapan edukatif diklat yang meliputi: penetapan materi diklat, penetapan tenaga pengajar, pemilihan strategi dan metode dalam penyampaian diklat, serta menyusun jadwal diklat. (2) pelaksanaan diklat meliputi kegiatan yang berbentuk seremonial dan perkuliahan bagi peserta diklat yang dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bantul. (3) evaluasi diklat dilaksanakan oleh tim penyelenggara diklat pada saat sebelum diklat diselenggarakan, selama diklat berlangsung, dan setelah diklat berakhir. Aspek-aspek yang dievaluasi peserta diklat, narasumber diklat, dan penyelenggaraan yaitu kualitas fasilitas dan penyelenggaraan diklat secara keseluruhan. Instrumen evaluasi diklat yang digunakan meliputi pre test, post test, angket sosiometri, angket narasumber, dan angket kepuasaan penyelenggaraan diklat. PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Kusumawati, Nila ER -