%D 2018 %T PENGOLAHAN KOLEKSI BUKU SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI PERPUSTAKAAN STPP (SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN) MAGELANG %I Fakultas Ilmu Pendidikan %A Krisna Pujianto %K Pengolahan koleksi buku, sumber belajar, perpustakaan STPP %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengolahan koleksi buku sebagai sumber belajar di perpustakaan STPP Magelang yang meliputi bagaimana pengolahan buku, masalah, dan upaya mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber informasi penelitian yaitu petugas perpustakaan STPP Magelang. Setting penelitian adalah Perpustakaan STPP Magelang. Metode pengumpulan data adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis data Miles, Huberman dan Saldana (2014) dengan tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian diketahui : (1) Terdapat tujuh tahap pengolahan koleksi buku perpustakaan STPP Magelang yaitu inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, penyandian, pembuatan kartu dan kantong buku, penyusunan kartu katalog, dan penyusunan buku dirak. (2) Permasalahannya adalah: a) petugas belum memahami sepenuhnya tentang system klasifikasi, b) masih terdapat buku tidak sesuai penempatannya, c) terdapat kesalahan teknis penyandian, d) format katalogisasi pada penulisan penyandian masih belum sesuai standar penulisan, dan e) hanya terdapat satu jenis katalog yaitu katalog judul. (3) Upaya penanganannya adalah: a) melihat kode buku terdahulu yang serupa untuk referensi, b) rutin melakukan pengecekan, c) perpustakaan hendaknya memiliki standar baku penyandian, d) perpustakaan hendaknya memiliki pedoman baku katalogisasi, dan e) melakukan penambahan katalog yang lain. %L UNY74498