%T PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kondisi kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Gondokusuman; (2) kondisi budaya sekolah di SMP Negeri Se-Kecamatan Gondokusuman (3) Pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Gondokusuman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis regresi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Se-Kecamatan Gondokusuman yang berjumlah 3 sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri Se-Kecamatan Gondokusuman yang berjumlah 146 Guru. Pengambilan sampel dengan teknik Proportional Random Sampling, dengan menggunakan rumus solvin (Usman,2008: 185) sehingga diperoleh sampel sebesar 108 guru. Uji validitas instrumen menggunakan analisis butir dan dihitung dengan menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Croncbach’s Alpha. Prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Gondokusuman ke dalam kategori sangat baik yaitu 85% (2) budaya sekolah masuk ke dalam kategori sangat baik yaitu 94% (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Budaya sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se- Kecamatan Gondokusuman dengan koefisienan korelasi (R) sebesar 0,645 dan koefisienan determinasi ( R2 ) sebesar 0,416. Hal ini berarti bahwa sebesar 41,6% kinerja guru yang guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Gondokusuman dipengaruhi oleh Budaya sekolah, sedangkan 58,4% lainnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian. %A Irfan Fitriyono %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K Budaya Sekolah, Kinerja Guru. %L UNY74483 %D 2018