@phdthesis{UNY74476, title = {PENGELOLAAN TEMPAT PENITIPAN ANAK 'AISYIYAH MARDI PUTRA BANTUL}, author = {Hani Karmeiliani}, month = {March}, year = {2018}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, keywords = {pengelolaan, tempat penitipan anak, sarana prasarana, tenaga pendidik, kurikulum.}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan tempat penitipan anak ?Aisyiyah Mardi Putra Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala PAUD, kepala TPA, dan tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas dengan cara member checks dan triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik) dan konfirmasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana, dengan tahapan: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) pengelolaan sarana dan prasarana dimulai dari kegiatan pengadaan (pembelian, sewa-menyewa, hibah/hadiah, dan membuat sendiri), kegiatan penggunaan, pemeliharaan yang dilakukan oleh pendidik dengan melibatkan anak didik, inventarisasi, dan penghapusan sarana dan prasarana yang dilakukan ketika sarana sudah rusak berat dan tidak layak. (2) Pengelolaan tenaga pendidik dimulai dari perencanaan pengadaan pegawai. Proses penyeleksian dilakukan melalui tes wawancara, tertulis, dan praktek. Kegiatan penempatan tenaga pendidik dilakukan dengan langsung ditempatkan di TPA dengan sistem kontrak selama 2 tahun. Kegiatan pembinaan dilakukan dengan mengikursertakan pendidik dalam diklat, organisasi HIMPAUDI, dan pemberian motivasi, sedangkan pemeliharaan tenaga pendidik dilakukan dengan cara pemberian bonus dan tunjangan. Kegiatan pemutusan hubungan kerja dilakukan ketika pendidik sudah mendapat SP sebanyak 3 kali atas pelanggaran yang dilakukan. (3) Pengelolaan kurikulum di TPA ?Aisyiyah Mardi Putra Bantul dilakukan melalui kegiatan perencanaan yang dilakukan dengan membuat Program semester, RPPM, dan RPPH. Pada tahap pelaksanaan, tenaga pendidik mengimplementasikan RPPH dalam bentuk kegiatan belajar mengajar (KBM). Kegiatan evaluasi kurikulum dilakukan setiap setahun 2 (dua) kali pada bulan Desember dan Juni.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/74476/} }