@phdthesis{UNY74475, year = {2018}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, title = {EVALUASI MANAJEMEN PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI DALAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA DI SMK NEGERI 2 KLATEN DI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN}, author = {Grahita Logam Mulia}, month = {August}, keywords = {Evaluasi, Manajemen, Program Prakerin}, url = {http://eprints.uny.ac.id/74475/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek-aspek Prakerin di SMK Negeri 2 Klaten pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanakan dan hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model Stake. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala Humas sebagai Koordinator Prakerin, Guru Pembimbing, Kepala Jurusan, Wakil Kepala Kurikulum dan siswa prakerin. Tempat penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan prakerin yang terdiri dari latar belakang prakerin sudah tercapai sesuai kriteria, tujuan prakerin sudah tercapai sesuai kriteria, pemetaan DUDI sudah sesuai kriteria, pembekalan terlaksana sesuai kriteria. (2) pelaksanaan prakerin yang terdiri dari pelepasan ke tempat industri sudah terlaksana namun tidak sesuai kriteria karena tidak bebarengan dengan siswa, monitoring sudah dilaksanakan namun tidak sesuai kriteria karena hanya dilakukan dua kali selama enam bulan, dan penarikan siswa prakerin sudah terlaksana tetapi tidak sesuai kriteria karena tidak bersamaan dengan siswa. (3) hasil prakerin dari capaian hasil kualitatif tercapai sesuai kriteria dibuktikan dengan siswa mampu menerapkan teori dari kelas ke industri dilihat dari nilai yang diperoleh siswa diatas KKM, capaian hasil kuantitatif tercapai sesuai kriteria dibuktikan dengan siswa mampu meluluskan semua peserta prakerin. (4) faktor pendukung prakerin dibuktikan dengan adanya pendidikan sistem ganda yang mewajibkan seluruh siswa mengikuti prakerin, faktor penghambat prakerin didasari pada jumlah tempat industri yang tidak sebanding dengan jumlah siswa prakerin sehingga siswa kesusahan mencari tempat industri.} }