%0 Journal Article %@ 978-979-16353-2-5 %A R., Rosnawati %D 2009 %F UNY:7431 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Aljabar dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Penelitian dan Pembelajaran Matematika untuk Mencapai World Class University %T Aktivitas Pembelajaran Aljabar Linear Untuk Mendukung Konstruksi Pengetahuan Mahasiswa %U http://eprints.uny.ac.id/7431/ %X Paradigma pembelajaran yang berpusat pasa mahasiswa, akan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk menkonstruksi pengetahuan serta pemahaman pengetahun secara radikal pada awal proses belajar, namun selanjutnya aspek radikal tersebut menjadi berkurang dengan munculnya aktifitas belajar yang interaktif sehingga aspek sosial dalam proses pembentukan pengetahuan tersebut (socio‐ constructivism) mulai berperan. Keterlibatan mahasiswa dalam proses belajar ini antara lain adalah : (a) melakukan observasi , (b) melakukan eksplorasi, (c) melakukan inkuiri, (d) membuat hipotesis, (e) membuat konjektur, (f) membuat generalisasi, dan (g) menerapkan.