TY - THES PB - Program Pascasarjana A1 - Arlinwibowo, Janu A1 - Kartowagiran, Badrun Y1 - 2022/06/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model penilaian capaian pembelajaran siswa dengan kerangka STEM yang baik, (2) menemukan kualitas model penilaian capaian pembelajaran siswa dengan kerangka STEM, (3) menemukan profil capaian pembelajaran siswa dengan kerangka STEM, dan (4) menemukan keefektifan model penilaian capaian pembelajaran siswa dengan kerangka STEM. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan langkah base line study, merumuskan model, mengembangkan model, uji coba dan revisi, dan finalisasi produk. Proses uji coba instrumen penilaian dan perangkat pembelajaran melibatkan enam siswa dalam satu rombongan belajar untuk uji keterbacaan, 36 siswa dalam dua rombongan belajar untuk uji coba skala terbatas untuk menguji instrumen penilaian dan panduan penskoran, dan 187 siswa dalam delapan rombongan belajar untuk uji coba skala diperluas untuk implementasi instrumen penilaian dan panduan peskoran. Kriteria partisipan adalah siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan kerangka STEM. Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi yang melibatkan 7 ahli dalam diskusi FGD dan 5 ahli memberikan penilaian yang disimpulkan dengan formula Aiken dan validitas konstruk dibuktikan dengan CFA. Reliabilitas diestimasi dengan model reliabilitas konstruk. Kualitas penskoran rater dianalisis dengan menggunakan teori G. Analisis kualitas butir instrumen dilakukan dengan Teori Respon Butir model PCM untuk instrumen pengetahuan dan keterampilan serta GRM untuk instrumen kolaborasi dan komunikasi. Validitas panduan implementasi produk dibuktikan dengan validitas isi yang melibatkan 2 ahli dari kalangan akademisi dan 3 guru. Profil siswa hasil uji coba dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Dihasilkan model penilaian capaian pembelajaran siswa dengan kerangka STEM dengan sintaks sinkronisasi KD dan proyek, penyusunan perangkat pembelajaran (sinkronisasi proses pembelajaran dan penilaian), proses penilaian, dan pelaporan hasil penilaian yang mendeskripsikan kemampuan dalam domain pengetahuan, keterampilan, komunikasi, dan kolaborasi. (2) Kualitas model penilaian baik yang dibuktikan dengan terbuktinya validitas isi dan konstruk instrumen, indeks reliabilitas semua instrumen di atas 0,7, peramater butir memiliki karakteristik yang baik, dan instrumen cocok digunakan untuk siswa dengan kemampuan -3,70 hingga 2,62 (dalam skala logit). Kualitas hasil penskoran instrumen penilaian pengetahuan (matematika dan sains) dan keterampilan (sains, teknologi, engineering, dan matematika) tergolong baik, ditunjukkan dengan stabilitas skor antar rater secara deskriptif dan koefisien G relative 0,9 (pengetahuan) serta 0,93 (keterampilan). (3) Profil siswa adalah 32% melampaui KKM pengetahuan, 40% siswa melampaui KKM keterampilan, 99% siswa melampaui KKM komunikasi, dan 97% siswa melampaui KKM kolaborasi. (4) Model efektif untuk digunakan. Simpulan tersebut diindikasikan dari ketercapaian tujuan model yaitu mampu mendefinisikan capaian belajar siswa dan pendapat ahli serta pengguna bahwa model relevan untuk diimplementasikan di sekolah. UR - http://eprints.uny.ac.id/74308/ ID - UNY74308 M1 - disertasi KW - hasil belajar KW - model penilaian KW - STEM KW - kerangka pembelajaran AV - restricted TI - Pengembangan Model Penilaian Capaian Pembelajaran dengan Kerangka Science, Technology, Engineering, and Mathematics. ER -