%0 Journal Article %@ 978-979-16353-2-5 %A Susilo, Bekti %D 2009 %F UNY:7423 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Aljabar dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Penelitian dan Pembelajaran Matematika untuk Mencapai World Class University %K Peningkatan Pemahaman, Model Pembelajaran Pencapaian Konsep, Aljabar linier %T Peningkatan Pemahaman Aljabar Llnier Dengan Sintaks Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Pada Mahasiswa Jurdik Matematika %U http://eprints.uny.ac.id/7423/ %X Selama ini, model pembelajaran dengan skenario yang dimulai dengan definisi, pemberian contoh, dan diakhiri dengan latihan soal sering dijadikan model dalam pengajaran konsep pada mata kuliah Aljabar Linier. Model tersebut menyebabkan konsep aljabar linier sulit dipahami oleh mahasiswa. Untuk mengatasinya perlu dipikirkan alternatif model pembelajaran yang cocok dengan kondisi mahasiswa tersebut. Dalam makalah ini akan dikemukakan suatu model pembelajaran dengan skenario yang dimodifikasi dari sintaks model pembelajaran pencapaian konsep yang dikemukaka oleh Joyco dan Weil. Skenario pembelajaran ini dimulai dari Penyajian Data dan Identifikasi Konsep, Mengetes Pencapaian Konsep, kemudian Menganalisis Strategi Berpikir. Pada tahap Penyajian Data dan Identifikasi Konsep, contoh dan bukan contoh yang dipakai dikaitkan dengan himpunan bilangan. Kata kunci: Peningkatan Pemahaman, Model Pembelajaran Pencapaian Konsep, Aljabar linier.