%T IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA ANAK USIA DINI DENGAN METODE EKSPERIMEN %X Kegiatan eksperimen ini dilatar belakangi rendahnya pembelajaran sains yang menarik dan mudah bagi anak usia dini. Adapun solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengimplementasikan pembelajaran sains menggunakan metode eksperimen. Sampel kegiatan ini menggunakan subjek 2 orang anak perempuan dan 2 orang anak laki-laki. Metode pemberdayaan yang digunakan penulis yang pertama adalah riset di internet, membuat video eksperimen kemudian mengirim ke Grup Whatsapp, merupakan media pembelajaran yang digunakan dalam melangsungkan pembelajaran. Hasil dari kegiatan eksperimen ini menunjukkan bahwa pembelajaran sains dengan metode eksperimen mampu diikuti oleh anak usia dini dan pada saat anak usia dini melakukan eksperimen secara tidak disadari bahwa proses sains mengalir begitu saja. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa dengan menerapkan metode eksperimen pada anak usia dini dapat meumbuhkan keterampilan proses sains pada anak secara natural saat melakukan eksperimen. Kata kunci: Anak Usia Dini, Keterampilan Proses Sains, Metode Eksperimen, Proses Sains. %D 2022 %A Emy Hasmidar %A Setyo Wibowo %J ARTIKEL PPM 2018 %L UNY74227