%0 Journal Article %@ 978-979-16353-6-3 %A Veronika Fitri, Rianasari %D 2011 %F UNY:7408 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran %K persentase, pemahaman yang bermakna, pendidikan matematika realistik, norma kelas %T Pembelajaran Persentase Yang Bermakna Melalui Pembelajaran Matematika Realistik %U http://eprints.uny.ac.id/7408/ %X Banyak penelitian mengungkapkan bahwa para siswa sering mengalami kesulitan untuk memahami persentase walaupun mereka dapat mengungkapkan bahwa persen adalah ‘per seratus’ dan dapat melakukan perhitungan secara benar. Hal ini mungkin terjadi karena pembelajaran persentase cenderung berfokus pada prosedur-prosedur tanpa mengeksplorasi pemahaman yang mendasar mengenai persentase itu sendiri. Menyadari hal tersebut, diperlukan paradigma baru yang berfokus pada perkembangan pemahaman siswa. Makalah ini akan membahas ide-ide untuk mendukung pemahaman siswa mengenai persentase melalui pembelajaran matematika realistik. Prinsip utama dari pendidikan matematika realistik adalah bahwa matematika harus bermakna bagi siswa. Hal ini dapat dicapai dengan penggunaan situasi yang bermakna, baik dalam bentuk permasalahan maupun aktivitas sebagai landasan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, beberapa permasalahan kontekstual mengenai persentase dieksplorasi untuk digunakan sebagai titik awal pembelajaran persentase. Norma sosial kelas (classrooms social norms) dan norma sosial matematika (socio- mathematical norms) dalam proses pembelajaran sangat penting dibangun untuk mendukung berlangsungnya proses pembelajaran yang bermakna. Kata kunci: persentase, pemahaman yang bermakna, pendidikan matematika realistik, norma kelas