<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing"^^ . "Standar Proses pembelajaran telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41\r\ntahun 2007. Peraturan tersebut menyatakan proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan\r\nsecara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi\r\naktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan\r\nbakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik. Dengan penyelenggaraan proses\r\npembelajaran demikian maka salah satu faktor penting agar siswa dapat berpartisipasi aktif, kreatif dan\r\nmandiri adalah rasa percaya diri yang dimiliki siswa. Faktor penting lainnya adalah guru sebagai\r\nfasilitator dalam menerapkan pendekatan, model dan metode pembelajaran sehingga terciptalah suasana\r\npembelajaran seperti yang diinginkan dalam Permendiknas No. 41 tahun 2007 tersebut. Akan tetapi, pada\r\nkenyataannya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan masih didominasi oleh guru dengan metode\r\nceramah dan menuliskan di papan tulis latihan soal untuk siswa yang merupakan warisan turun temurun\r\ndan dianggap paling baik (Iwan Zahar, 2009: 4). Siswa hanya pasif mendengarkan karena tidak ada\r\ninstruksi untuk melakukan suatu kegiatan selain mencatat materi dan contoh soal yang dituliskan guru.\r\nAkibatnya siswa tidak akan belajar matematika sesuai dengan kebutuhannya. Mereka juga tidak\r\nmempunyai kesempatan untuk belajar matematika yang berarti (Ahmad Fauzan, 2002: 27). Ini\r\nmenyebabkan kepercayaan diri siswa rendah karena salah satu indikator dari kepercayaan diri adalah\r\nrasional dan realistis. Terbukti dari hasil TIMSS juga menunjukkan bahwa self-confidence siswa\r\nIndonesia masih rendah yaitu dibawah 30 % (TIMSS, 2007: 181). Model pembelajaran inkuiri terbimbing\r\nadalah salah satu model pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif siswa dalam mengeksplorasi dan\r\nmenemukan sendiri pengetahuan mereka. Instruksi dalam kelompok pada pembelajaran inkuiri\r\nterbimbing akan membantu siswa meningkatkan kompetensi penelitian dan subjek pengetahuan dalam\r\nberbagai keterampilan yang dapat digunakan dalam kehidupannya (Kuhlthau, Maniotes & Caspari, 2007:\r\n2). Salah satu tahap dalam inkuiri terbimbing adalah tahap mempresentasikan apa yang di dapat dari\r\nproses investigasi, pada tahap inilah self-confidence siswa dapat ditumbuhkan.\r\nKata kunci : Self-confidence, pembelajaran matematika, inkuiri terbimbing."^^ . "2011-12-03" . . . "Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY"^^ . . . "Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran"^^ . . . "9789791635363" . . . . . . . "S.Pd"^^ . "Mahrita Julia Hapsari"^^ . "S.Pd Mahrita Julia Hapsari"^^ . . . . . . "Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing (Text)"^^ . . . "p-30.pdf"^^ . . . "Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #7385 \n\nUpaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing\n\n" . "text/html" . . . "Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011" . .