eprintid: 73840 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/38/40 datestamp: 2022-08-10 08:01:28 lastmod: 2022-08-10 08:01:28 status_changed: 2022-08-10 08:01:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hardiyanta, Rendra Ananta Prima creators_name: Wagiran, Wagiran title: Evaluasi Uji Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. ispublished: pub subjects: t_otomotif divisions: pps_teknik full_text_status: restricted keywords: CIPP, evaluasi, otomotif, SMK, uji kompetensi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK di Kota Yogyakarta ditinjau dari aspek: (1) context, (2) input, (3) process, dan (4) product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi model CIPP. Subjek penelitian ini yaitu tujuh ketua kompetensi keahlian, 18 asesor, dan 23 guru produktif sebagai pelaksana UKK TKRO SMK negeri dan swasta di Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman dokumentasi, kuesioner, dan pedoman wawancara. Instrumen penelitian divalidasi melalui expert judgement. Validitas diperoleh dengan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Aspek context yaitu kesesuaian kebijakan dan tujuan uji kompetensi, kurikulum SMK, DUDI/IDUKA, kebutuhan dan peluang kerja di dunia usaha dan industri, serta perkembangan IPTEK di masa depan; dinyatakan baik oleh ketua kompetensi keahlian, sangat baik oleh asesor dan guru produktif. (2) Aspek input, yaitu kesesuaian kompetensi dan kualifikasi asesi, asesor, materi uji kompetensi, kelayakan tempat uji kompetensi, dan kelengkapan sarana prasarana uji kompetensi; dinyatakan sangat baik oleh ketua kompetensi keahlian, asesor kompetensi, dan guru produktif. (3) Aspek process yaitu kesesuaian jadwal, waktu, prosedur pelaksanaan, pengawasan, dan sistem penilaian dalam uji kompetensi; dinyatakan sangat baik oleh ketua kompetensi keahlian, asesor kompetensi, dan guru produktif. (4) Aspek product yaitu ketercapaian hasil uji kompetensi siswa (nilai), kesesuaian dengan kebutuhan DUDI/IDUKA, pengakuan sertifikat kompetensi, dan komitmen dalam rekrutmen tenaga; dinyatakan sangat baik oleh ketua kompetensi keahlian dan asesor kompetensi, dan baik oleh guru produktif. Rekomendasi yang disarankan yaitu: (1) peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana uji kompetensi yang mutakhir, (2) pengingkatan kualitas guru produktif dan asesor melalui pelatihan asesor, (3) dan peningkatan MoU dengan DUDI/IDUKA mengenai rekrutmen tenaga kerja. date: 2022-05-18 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: tesis referencetext: Ansori, R. (2019). Alasan Lulusan SMK Belum Kompeten di Dunia Industri. Retrived from : https://www.tagar.id/alasan-lulusan-smk-belum- kompeten-di-dunia-industri Arifin, Z.. (2016). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya Arikunto, S. & Jabar, C.S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, cetakan ketiga. Jakarta : Bumi Aksara Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia. (2014). Pedoman BNSP No. 201 tentang Persyaratan Umum Lembaga Sertifikasi Profesi. Jakarta: Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Budiman, A. (2017) Analisis Kompetensi pada Kurikulum SMK Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). S3 thesis, UNY. Budiyanto & Suyanto, W. (2020). The Evaluation Of Competency Certification Program Through the LSP P-1 at Vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 10, No. 1, 2020 (44-55) Burke, J.W., (2005). Competency Based Education and Training: Taylor & Francis e-Library Cloud Assess. (2020). Principles of Assessment: What This Means For RTOs. Retrived from: https://www.cloudassess.com.au/ca-blog/principles-of- assessment Colardyn, D. (2009). The Certification of competencies. In R. Maclean, D. Wilson (eds.), International Handbook Of Education For The Changing World Of Work, Bridging Academic And Vocational Learning (pp.2777-2792). Bonn: Springer. Dobson, G. (2003). A Guide to Writing Competency-Based Training Materials. Commonwealth of Australia: National Volunteer Skills Centre. Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. (2011). Program Evaluation Alternative Approaches and Practical Guidelines. Trenton: Pearson. Griffin D., and Herren, R.V. (1994) North Carolina’s First Pot Secondary Technical Institution: Past, Present, and Future. Unpublished Doctoral Publication, Universitas of Georgia, Athens 238 Hadi, S. & Rabiman. (2014). Partisipasi Industri Otomotif Dalam Menjalin Kerjasama Dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Taman Vokasi 2. Retrived from https://doi.org/10.30738/jtv.v2i2.80 Hadi, S. (2012). Evaluasi Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Program Otomotif DIY. Hardiyanta, R.A.P. & Solikin, M. (2019). Analisis Hasil Uji Kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi Otomotif Indonesia Se-Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif. Vol 1, No 2 (2019). DOI: 10.21831/jpvo.v1i2.24167 Haricahyo, D. dkk. (2020). Pengembangan Profesionalitas Guru Sesuai Tuntutan Revitalisasi Pendidikan Vokasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Sosial (pp24-27). Hasan, B. (2019). Pendidikan Kejuruan di Indonesia. Retrived from http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ELEKTRO/1 95512041981031- BACHTIAR_HASAN/PENDIDIKAN_KEJURUAN_DI_INDONESIA. pdf Hasan, H. (2009). Evaluasi Kurikulum, cetakan kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya Holmes, K.P. (2015). Unleashing the Potential: Transforming Technical and Vocational Education and Training (PDF). UNESCO. ISBN 978-92-3- 100091-1. Indriaturrahmi. (2016). Peran Dunia Usaha dan Dunia Industri Dalam Penyelenggaraan SMK Berbasis Kearifan Lokal di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 6, No 2, Juni 2016 (162-172) Irawan, A. (2013). Partisipasi Industri Servis Kendaran Bermotor Terhadap Implementasi Kompetensi Produktif Dalam Kurikulum SMK Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta Irwanti, Y.D. (2014). Evaluasi Uji Kompetensi Siswa Keahlian Multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY. Ishak, K. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengangguran dan Inflikasinya terhadap Indek Pembangunan di Indonesia. Online: https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/d ownload/121/121 239 Iskandar, F (2012). Evaluasi Pelaksanaan Program Pendampingan Penyelenggaraan Pendidikan Kejuruan Direktorat Pembinaan SMK (Studi Kasus di Universitas Sebelas Maret). Jubaedah, Y. & Rohaeni, N.. (2013). Rancang Bangun Model Holistic Assessment pada Uji Kompetensi Keahlian Produktif Sekolah Menengah Kejuruan. INVOTEC, Volume IX, No.1, Februari 2013 : 57-68 Jubaedah, Y.(2010).Competency Based Assessment Sebagai Model Pengujian Kompetensi di SMK. Retrived from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/view/63/5 7 Kaufman, R. & Thomas, S. (2009). Evaluation Without Fear. New York: New Viewpoint. Komariyah, K. (2015). Pendidikan Kejuruan. Retrived from dari https://slideplayer.info/slide/2553318/ Kuntoro, T. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Oleh LSP-P3 di Kabupaten Banyumas Menggunakan Model CIPP. Tesis. UNS Kurnia, M.Y. dkk. (2015). Relevansi Materi Mata Kuliah Bodi Otomotif dan Materi Mata Pelajaran Teknik Perbaikan Bodi Otomotif Dengan Materi Uji Kompetensi Standar BNSP. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 2, No. 1, Juni 2015 Majid, Abdul dkk. (2014). In CIPP Evaluation Model. Retrieved from: http://majidzeven.blogspot.co.id/2014/08/langkah-langkah-evaluasi- program.html Mardapi, D. (2009). Evaluasi Penerapan Ujian Akhir Sekolah Berbasis Standar Nasional. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 Tahun 2014 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (2012). Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 5 Tahun 2012 tentang Sistem Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional. Jakarta: Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (2014). Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi 240 Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (2015). Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 161 Tahun 2015. Jakarta: Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (2016). Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 3 Tahun 2016. Jakarta: Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin, M. (2020). In Model Evaluasi CIPP. Retrieved from https://www.kompasiana.com/muhaiminmoh/model-evaluasi-cipp- context-input-process-product_552ab300f17e611530d62496 Munthe, A.P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14 Nurkanca, W.(1983). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional Nuryake, Fajaryati. (2012). Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory di SMK Surakarta. Junal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, Nomor 3, November 2012, UNY . Pedoman Badan Nasional Sertifikasi Profesi 306 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) Reguler dengan Anggaran BNSP. Jakarta: Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Pedoman BNSP 201 Tentang Pedoman Penilaian Kesesuaian - Persyaratan Umum Lembaga Sertifikasi Profesi. Jakarta: Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Pedoman BNSP 301 Rev.1 Tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Profesi. Jakarta: Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor :2/BNSP/III/2014 Tentang Pedoman Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi. Jakarta: Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor : 4/BNSP/VII/2014 Tentang Pedoman Pengembangan dan Pemeliharaan Skema Sertifikasi. Jakarta: Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor : 5/BNSP/VII/2014 Tentang Pedoman Persyaratan Umum Tempat Uji Kompetensi. Jakarta: Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta: Sekretariat Negara. 241 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Jakarta: Sekretariat Negara Pranata, Andri. In Program Evaluasi Model CIPP. Retrieved from http://andripradinata.blogspot.co.id/2012/10/model-evaluasi- pembelajaran-model-cipp.html Pratama, Dinar. In Model Evaluasi CIPP. Retrieved from https://dinarpratama.wordpress.com/2010/11/20/model-evaluasi-cipp- context-input-process-product/ Prosser & Quigley (1950). Vacational Education in a Democracy. USA: American Technical Society Putra, R.C. (2015). Analisis Penilaian Kualitas Dimensi Produk Uji Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 2, No. 1, Juni 2015 Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, Volume IV, Edisi 1, Juni 2015 Rauner, F., Heinemann, L., Maurer, A., et.al. (2013). Competency Development and Assessment in TVET (COMET). New York: Springer. Rizkiyah, N. F., Mariana, R. R., & Soekopitojo, S. (2018). Sertifikasi Asesor Kompetensi Guru Produktif Program Keahlian Tata Boga dalam Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6): 708-714. Rosen, Y., et.al. (2016). Handbook of Reseach on Technology Tools for Real- World Skill Development: IGI Global book series Advances in Higher Education and Professional Development Roswati. (2008). Evaluasi Program/Proyek (Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Format Usulan). Retrived from https://nanopdf.com/download/jurnal-pendidikan- penabur-3_pdf Sakarinto, W. (2021). Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun Pelajaran 2020/2021 Samsudi (2011). Kesiapan SMK dalam Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian dalam Rangka Ujian Nasional. Santiyadnya, N. (2015). The Program Evaluation of The Implementation of Productive Skill Competency Test In SMK Negeri 3 Singaraja. JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 1(1), 1 - 11. https://doi.org/10.21009/jisae.v1i1.1662 242 Santosa, B. (2014). Model Uji Kompetensi Terpadu. S3 Disertasi, UNY. Soeharto. (1988). Desain Instruksional sebuah Pendekatan Praktis untuk Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidkan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidkan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Stella Tan et all. (2010). CIPP As A Model for Evaluating Learning Spaces. Retrived from https://researchbank.swinburne.edu.au/file/b9de5b45- 1a28-4c23-ae20-4916498741b8/1/PDF%20(Published%20version).pdf Sudira, P. (2016). TVET Abad XXI: Filosofi, Teori, Konsep, dan Strategi Pembelajaran Vocational. Yogyakarta: UNY Press. Sudira, P. (2018). Pembelajaran Abad XXI Inovasi Teori dan Praksis. Yogyakarta: UNY Press. Sufflebeam, D., L. & Zhang, G. (2017). The CIPP Evaluation Model: How to Evaluate for Improvement and Accountability. New York: The Guilford Press. Sugiyanto & Permadhy, Y.T. (2020). Faktor Penyebab Pengangguran dan Strategi Penanganan Permasalahan Pengangguran pada Desa Bojongcae, Cibadak Lebak Provinsi Banten. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 2 No 3 Bulan Juli 2020. Retrived from : https://journals.upi- yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/download/583/435/ Suhartanta and Sofyan, Herminarto (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Employability Skills Berbasis Kebutuhan Industri Otomotif pada SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. S3 thesis, Program Pascasarjana. Retrived from : https://eprints.uny.ac.id/70085/1/disertasi-suhartanta- 11702261001.pdf Suharto. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Prosiding Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran UNS. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap/article/view/9877/7310. Sukamti, D. (2018). Penyebab Tingginya Angka Pengangguran di Kota Metro. Retrived from : https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1829/1/DWI%20SUKAMTI %2013102704.pdf Suranto, S. dkk. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Administrasi Perkantoran Di SMK. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 18, Nomor 1, 2014 243 Surono, dkk. (2020). Study on Strategy of Embedding Employability Skills Into Learning Module, Case: Training of Competency Assessor. International Journal of Advanced Science and Technology Vol. 29, No. 7, (2020), pp. 3745-3760 Suwarno, S.M. & Ismanto, B. (2020). Evaluasi Tempat Uji Kompetensi Teknisi Otomotif dalam Peningkatan Mutu Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 7, No. 1, Januari-Juni 2020 Hal: 98-109 Tissot, P. (2004). The Terminology Of Vocational Training Policy: A Multilingual Glossary For An Enlarged Europe. Luxembourg: Office for Official Publications of the European Communities. Tyler, R. W., Gagne, R. M., & Scriven, M. (Eds.). (1967). Perspectives of Curriculum Evaluation. American Educational Research Association Monograph Series on Curriculum Evaluation, Vol. 1. Rand McNally. Umam, F. (2019). Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) : Upaya Mepersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Siswa SMK Al-Miftah Pamekasan di Era Industri 4.0. Retrived from : https://www.researchgate.net/publication/336676022 Umar, H. (2005). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 No.78. Jakarta: Sekretariat Negara. UNESCO. (2021). Technical and Vocational Education and Training (TVET). Retrived from : https://unevoc.unesco.org/home/TVETipedia+Glossary/lang=en/filt=all/i d=474 Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Widoyoko, E.P.. (2009) Evaluasi Program Pembelajaran : Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Wirawan. (2012). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Teks. Jakarta: Rajawali Pers. 244 Yuliarnis, S.K., (2020). Analisis Kebutuhan Studi Implementasi Link and Match Smk dengan DU/DI. JIPP, Volume 4 Nomor 2 Juli 2020 Yusuf, A. R. & Mukhadis, A. (2018). Model Pengembangan Profesionalitas Guru Sesuai Tuntutan Revitalisasi Pendidikan Vokasi di Indonesia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 9(2): 130-139. Yusuf, F., T. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. citation: Hardiyanta, Rendra Ananta Prima and Wagiran, Wagiran (2022) Evaluasi Uji Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/73840/1/tesis-rendra%20ananta%20prima%20hardiyanta-19702251014.pdf