eprintid: 7383 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 2 dir: disk0/00/00/73/83 datestamp: 2012-11-12 00:36:03 lastmod: 2012-11-12 00:36:03 status_changed: 2012-11-09 02:27:31 type: article metadata_visibility: show creators_name: Ketut, Sutame title: Implementasi Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah, Berpikir Kritis Serta Mengeliminir Kecemasan Matematika ispublished: pub subjects: snmpm_2011 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public keywords: Problem posing, Kemampuan penyelesian masalah, kemampuan berpikir kritis, kecemasan matematika. abstract: Salah satu tujuan pembelajaran matematika, diantaranya adalah memecahkan masalah (NCTM :2000). Berpikir kritis juga merupakan elemen yang tidak dapat dipisahkan dari kemampuan pemecahan masalah (Marcut, Christensen & Martin (Killen, 2009:248), Glazer (2001: 14)).Suasana pembelajaran matematikapun harus menyenangkan untuk siswa (Depdiknas nomor 41 tahun 2007). Fakta pembelajaran matematika masih berorentasi pada teacher centered (Ahmad Fauzan ( 2002), Ho (Kaur & Yeap Ban Har, 2009: 6)). Akibat pembelajaran teacher centered, siswa hanya mampu menyelesaikan masalah rutin yang berimbas pada rendahnya kemampuan berpikir kritis (PISA(2009), TIMSS (2007)) serta munculnya kecemasan matematika (math anxiety) (Arem (2003: 19), Wu (Thijsse: 2002), Sabri et al (2009)). Pendekatan problem posing mampu mengeliminir kecemasan matematika ( Brown & Walter, 2005: 166- 167), komponen penting dalam pemecahan masalah (Brown & Walter, 2005: 2), Menstimulus siswa untuk berpikir dengan kualitas tinggi (De Lange (Lin: 2004)). Kata kunci: Problem posing, Kemampuan penyelesian masalah, kemampuan berpikir kritis, kecemasan matematika. date: 2011-12-03 publication: Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY refereed: TRUE issn: 978-979-16353-6-3 official_url: http://www.uny.ac.id citation: Ketut, Sutame (2011) Implementasi Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah, Berpikir Kritis Serta Mengeliminir Kecemasan Matematika. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3 document_url: http://eprints.uny.ac.id/7383/1/p-28.pdf