%L UNY7383 %K Problem posing, Kemampuan penyelesian masalah, kemampuan berpikir kritis, kecemasan matematika. %A Sutame Ketut %X Salah satu tujuan pembelajaran matematika, diantaranya adalah memecahkan masalah (NCTM :2000). Berpikir kritis juga merupakan elemen yang tidak dapat dipisahkan dari kemampuan pemecahan masalah (Marcut, Christensen & Martin (Killen, 2009:248), Glazer (2001: 14)).Suasana pembelajaran matematikapun harus menyenangkan untuk siswa (Depdiknas nomor 41 tahun 2007). Fakta pembelajaran matematika masih berorentasi pada teacher centered (Ahmad Fauzan ( 2002), Ho (Kaur & Yeap Ban Har, 2009: 6)). Akibat pembelajaran teacher centered, siswa hanya mampu menyelesaikan masalah rutin yang berimbas pada rendahnya kemampuan berpikir kritis (PISA(2009), TIMSS (2007)) serta munculnya kecemasan matematika (math anxiety) (Arem (2003: 19), Wu (Thijsse: 2002), Sabri et al (2009)). Pendekatan problem posing mampu mengeliminir kecemasan matematika ( Brown & Walter, 2005: 166- 167), komponen penting dalam pemecahan masalah (Brown & Walter, 2005: 2), Menstimulus siswa untuk berpikir dengan kualitas tinggi (De Lange (Lin: 2004)). Kata kunci: Problem posing, Kemampuan penyelesian masalah, kemampuan berpikir kritis, kecemasan matematika. %T Implementasi Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah, Berpikir Kritis Serta Mengeliminir Kecemasan Matematika %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %D 2011 %J Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran