@article{UNY7381, title = {Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Topik Kaidah Pencacahan dengan Menggunakan Buku Ajar di Kelas XI IPA SMA Kolese De Britto}, publisher = {Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY}, author = {Permatasari Indah and Rudhito M. Andy and Sriyanto H.J.}, month = {December}, year = {2011}, journal = {Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi yang terjadi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika topik Kaidah Pencacahan dengan menggunakan buku ajar ?Matematika Kontekstual untuk SMA/MA Kelas XI Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam? di Kelas XI IPA3 SMA Kolese De Britto Tahun Ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi langsung dan observasi tidak langsung. Kegiatan analisis data dilakukan dalam tiga langkah, yaitu reduksi data, kategorisasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi guru dan siswa yang terjadi adalah sebagai berikut. Pertemuan I: Guru bersama siswa membahas materi dan latihan soal dari buku ajar dengan tanya jawab dan siswa bertanya saat guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa. Pertemuan II: Guru memberi latihan soal untuk dikumpulkan, guru dan siswa membahas materi dengan tanya jawab, dan siswa meminta latihan soal. Pertemuan III: Guru membagi siswa dalam kelompok untuk mengerjakan soal dari buku ajar, siswa berdiskusi, dan siswa bertanya saat guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa. Pertemuan IV: Guru bersama siswa membahas materi dan latihan soal dari buku ajar dengan tanya jawab, siswa bertanya saat guru menjelaskan materi dan saat guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa. Pertemuan V: Guru bersama siswa membahas materi dan latihan soal dari buku ajar dengan tanya jawab, siswa bertanya saat guru menjelaskan materi dan saat guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa. Pertemuan VI: Guru dan siswa membahas materi dan latihan soal dari buku ajar dengan tanya jawab, siswa bertanya saat guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa dan siswa maju ke depan saat guru duduk di kursi guru. Kata-kata kunci: Kaidah Pencacahan, Buku Ajar, Pembelajaran Matematika, Interaksi Guru dan Siswa.}, keywords = {Kaidah Pencacahan, Buku Ajar, Pembelajaran Matematika, Interaksi Guru dan Siswa}, url = {http://eprints.uny.ac.id/7381/} }