%0 Thesis %9 S1 %A Latifah, Nuraida Mahmudatul %A Tri Ani Hastuti, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi %D 2022 %F UNY:73798 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K fasilitas belajar, prestasi belajar PJOK, pandemi Covid-19 %T Hubungan antara Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar PJOK Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakem pada Masa Pandemi Covid-19 %U http://eprints.uny.ac.id/73798/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakem pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakem yang berjumlah 97 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik total sampling. Instrumen fasilitas belajar menggunakan angket, sedangkan prestasi belajar PJOK menggunakan nilai raport. Teknik analisis data menggunakan analisis Pearson Correlation Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakem pada masa pandemi Covid-19, dengan r hitung 0,552 > r tabel (df 96;5%) 0,199 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Fasilitas belajar mempunyai hubungan terhadap prestasi belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakem pada masa pandemi Covid-19 sebesar 30,50%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa jika fasilitas belajar semakin baik atau terpenuhi, maka prestasi belajar PJOK juga akan semakin baik. %Z Dosen Pembimbing: Tri Ani Hastuti, M.Pd.