TY - JOUR JF - Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran UR - http://www.uny.ac.id AV - public TI - Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) A1 - Hepsi, Nindiasari PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berpikir reflektif matematis yang sangat penting peranannya dalam kegiatan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, terdapat 60% siswa salah satu SMA Kabupaten Tangerang Banten masih lemah di dalam beberapa indikator kemampuan berpikir reflektif matematis. Berpikir reflektif matematis dengan kemampuan metakognitif seseorang. Kemampuan metakognitif adalah suatu kemampuan yang menyadari akan pemikirannya, kemampuan untuk melihat dirinya sendiri sehingga apa yang dilakukan dapat terkontrol secara optimal. Oleh karenanya untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif diperlukan bahan ajar dan instrumen yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar dan instrumen berbasis pendekatan pembelajaran metakognitif untuk meningkatkan berpikir reflektif matematis. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Kegiatannya meliputi studi pendahuluan (penelusuran pustaka, observasi, wawancara terhadap guru), pengembangan produk (bahan ajar dan instrumen, uji ahli (ahli matematika dan pendidikan matematika), Uji terbatas kepada siswa di 3 SMA di Kabupaten Tangerang yang tergolong sekolah tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan ajar, instrumen kemampuan berpikir matematis layak untuk digunakan. Instrumen berpikir reflektif matematis memiliki 8 indikator dengan 11 soal. Kata Kunci: Bahan ajar, Instrumen, Berpikir Reflektif, Metakognitif. Y1 - 2011/12/03/ SN - 978-979-16353-6-3 KW - Bahan ajar KW - Instrumen KW - Berpikir Reflektif KW - Metakognitif ID - UNY7378 ER -