TY - THES ID - UNY73776 KW - aplikasi KW - kinerja guru KW - penilaian KW - smartphone Y1 - 2022/07/25/ A1 - Wati, Hesty Marliana A1 - Suranto, Suranto TI - Pengembangan Aplikasi Penilaian Kinerja Guru Berbasis Smartphone. PB - Program Pascasarjana AV - restricted M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan aplikasi penilaian kinerja guru berbasis smartphone, (2) membuktikan kelayakan aplikasi yang dikembangkan, (3) mengungkapkan hasil penilaian kinerja guru oleh kepala sekolah, dan (4) membuktikan keefektifan aplikasi yang dikembangkan, Penelitian ini menggunakan model 4D, yang meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Pembuktian kelayakan aplikasi diperoleh melalui uji coba produk pada 26 kepala sekolah sebagai pengguna aplikasi dan penilaian dari ahli materi dan ahli media sebagai validator. Hasil yang diperoleh diuji menggunakan rumus Aiken untuk menguji validitas isi, dan menggunakan analisis confirmatory factor analysis untuk menguji validitas konstruknya. Pengest imasi reliabilit asnya d engan melihat nilai cronbach? s alpha. Pengungkapan hasil penilaian kinerja guru dilakukan dengan penilaian kinerja oleh kepala sekolah, data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Pembuktian keefektifan aplikasi dengan memberikan angket kepada 26 kepala sekolah sebagai pengguna, data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis frekuensi. Hasil penelitian ad alah sebagai berikut. (1) Pengembangan aplikasi melalui tahap: 1) define (pendefinisian); 2) design (menentukan spesifikasi instrumen, menentukan spesifikasi media aplikasi, membuat flowchart, dan membuat storyboard); 3) develop (merakit instrumen, melakukan pengkodean, melakukan pengujian, menganalisis hasil pengujian, dan menafsirkan hasil pengukuran); dan 4) disseminate (penyebaran). (2) Aplikasi yang dikembangkan ?layak?, terbukti dengan instrumen yang ada pada aplikasi valid dan reliabel. Hal tersebut dibuktikan melalui pengujian validitas isi menggunakan rumus Aiken menunjukkan hasil validitas yang baik dengan perolehan nilai rata-rata untuk ahli materi sebesar 0,80 dan ahlimedia sebesar 0,75. Pengujian validitas konstruk dengan analisis confirmatory factor analysis menunjukkan hasil validitasyang baik. Pengestimasian reliabilitas menggunakan cronbach?s alpha menunjukkan hasil reliabilitas yang baik. (3) Ketercapaian kinerja guru SDN di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang berkategori baik, dengan perolehan skor ideal pada aspek pedagogik 37,05; aspek kepribadian 35,03; aspek sosial 35,75 dan aspek professional 34,95. (4) Keefektifan aplikasi penilaian kinerja guru memenuhi untuk memudahkan dalam penilaian kinerja guru dengan perolehan skor sebesar 95,3% yang berkategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi penilaian kinerja guru yang dikembangkan telah memiliki karakteristik sebagai instrumen yang memenuhi syarat dan dapat digunakan untuk menilai kinerja guru. UR - http://eprints.uny.ac.id/73776/ ER -