%0 Thesis %9 S2 %A Ramdani, Fajar Tri %A Dr. Komarudin, M.A., %B Pendidikan Jasmani %D 2022 %F UNY:73746 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K metode pembelajaran, pembelajaran drill, demonstrasi, bola voli %T Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dan Demonstrasi Terhadap Ketrampilan Service Atas dan Service Bawah Pembelajaran Bola Voli SMA Kota Magelang %U http://eprints.uny.ac.id/73746/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Drill Terhadap Keterampilan dan Service Atas peserta didik SMA Kota Magelang, 2) Mengetahui perbedaan Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Drill Terhadap Keterampilan dan Service Atas peserta didik SMA Kota Magelang, 3) Mengetahui interaksi antara metode pembelajaran demonstrasi dan drill terhadap Keterampilan Service Atas dan Service Bawah peserta didik SMA Kota Magelang. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA dan IPS yang dipilih secara random dan berada di sekolah saat dilakukan penelitian. Instrumen yang digunakan adalah instrumen dari AAHPERD Volleyball yaitu tes service melewati net sebanyak 10 kali kesempatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T test berpasangan, dengan α = 0,05 sehingga apabila hasil p value ≤ 0,05 maka ada keefektivitasan dari pengambilan data melalui tes AAHPER baik dalam metode drill maupun demonstrasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Hasil tes service atas dan service bawah bola voli menggunakan tes AAHPER sebelum dan setelah dilakukan metode drill meningkat dari 25.83 menjadi 28.38 yaitu mengalami peningkatan 2.55. 2) Hasil tes service atas dan service bawah bola voli menggunakan tes AAHPER sebelum dan setelah dilakukan metode drill meningkat dari 16.12 menjadi 19.14 yaitu mengalami peningkatan 2.15. 3) uji t-test berpasangan diperoleh p value sebesar 0.000 baik di kelompok intervensi maupun kelompok kontrol dimana p value < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya hasil tes AAHPER pada metode drill meningkat 2.55, sedangkan pada metode demonstrasi meningkat 2.15, keduanya sama-sama meningkatkan mean baik dari metode drill maupun demonstrasi. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Komarudin, M.A.