TY - JOUR UR - http://www.uny.ac.id N2 - Pembelajaran saat ini masih bersifat teacher-oriented dan siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berpikir. Salah satunya adalah keterampilan berpikir kreatif yang perlu dikembangkan sejak dini. Matematika sebagai wahana untuk menumbuhkan keterampilan berpikir, diharapkan dapat menjadi bekal dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan metode demontrasi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung. Metode penelitian yang digunakan adalah .penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitif. Sebagai alat pengumpul data yaitu lembar ovservasi keterampilan berpikir kreatif yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada tiap siklus setelah diterapkan metode demonstrasi,hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada tiap aspeknya yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration. Maka dapat disimpulkan penerapan metode demontrasi pada pokok bahasan Volume Bangun Ruang Sisi lengkung efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: metode demonstrasi, keterampilan berpikir kreatif. TI - Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa A1 - Dra. Kokom Komariah, M.Pd. SN - 978-979-16353-6-3 AV - public PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY KW - metode demonstrasi KW - keterampilan berpikir kreatif Y1 - 2011/12/03/ ID - UNY7372 JF - Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran ER -