%L UNY73719 %O Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd. %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan yang dialami siswa ekstrakurikuler Pencak Silat Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen dalam melakukan belajar teknik dasar tendangan T. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler pencak silat MTs Negeri 1 Kebumen yang masih aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berjumlah 29 orang. Instrumen utama penelitian ini adalah kuisioner. Untuk uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Dengan taraf koefisien validitas 0,526 dan koefisien reliabilitas 0,927. Teknik analisis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar teknik dasar tendangan T siswa ekstrakurikuler pencak silat Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen adalah kategori sangat tinggi sebesar 6,90%, kategori tinggi sebesar 20,69%, kategori sedang sebesar 37,93%, kategori rendah sebesar 31,05%, dan kategori sangat rendah sebesar 3,45%. Sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar teknik dasar tendangan T siswa ekstrakurikuler Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen masuk kedalam kategori sedang. Hasil penelitian pada faktor internal sebesar 47,25% sedangkan faktor eksternal sebesar 52,75%. Sehingga faktor eksternal lebih berpengaruh terhadap kesulitan belajar teknik dasar tendangan T dibandingkan faktor internal. Adapun pada faktor eksternal indikator lingkungan merupakan yang paling berpengaruh terhadap kesulitan belajar tendangan T dengan persentase sebesar 47,05%. %A Arif Nurrohman %K kesulitan belajar, teknik dasar tendangan T, siswa ekstrakurikuler %T Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Teknik Dasar Tendangan T Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen %D 2022 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan