TY - THES N1 - Dosen Pembimbing: Dr. Ermawan Susanto, M.Pd. Y1 - 2022/07/22/ ID - UNY73718 KW - pola asuh KW - motivasi KW - prestasi belajar PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan M1 - skripsi AV - public TI - Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK Siswa SMP Negeri 2 Sleman A1 - Safar HS, Hifzi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa, hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa, dan hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa di SMP Negeri 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode expost facto. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik SMP Negeri 2 Depok kelas IX sebanyak 192 peserta didik. Sampel penelitian sebanyak 130 peserta didik yang ditentukan melalui rumus Slovin serta pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data pola asuh orang tua dan motivasi belajar dilakukan dengan angket sedangkan prestasi belajar menggunakan nilai e-raport. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi berganda, serta teknik analisis data dilakukan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,852. Hubungan yang sedang antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,514. Hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,868 yang artinya semakin baik intensitas dan kualitas pola asuh maka prestasi juga semakin baik. Selain itu, pola asuh yang dominan diterapkan oleh orang tua peserta didik ialah pola asuh demokratis. UR - http://eprints.uny.ac.id/73718/ ER -