%0 Journal Article %A Tina Rahmawati, M.Pd. %D 2011 %F UNY:737 %J UNY %T PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH DI SMA UNGGULAN KOTA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/737/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pember¬daya¬an pemberdayaan komite sekolah di SMA Unggulan Kota Yogyakarta Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan tempat penelitian di SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 8 Yogyakarta. Sum¬ber data penelitiannya yaitu kepala sekolah, dan pengurus komite sekolah. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program kerja komite sekolah di SMA Unggulan Kota Yogyakarta telah berjalan secara efektif. Hal ini ditandai dengan adanya pemahaman pengurus komite sekolah dan kepala sekolah terhadap tugas dan peran komite sekolah dan peran serta aktif komite sekolah dalam penyelenggaraan program kerja sekolah. Faktor pen¬dukung pelaksanaan program komite sekolah di SMA Unggulan Kota Yogyakarta meliputi: adanya komitmen yang tinggi dari ko¬mite sekolah untuk membantu sekolah; dukungan dana, ide, tenaga dan fasilitas yang memadai; terjalinnya komunikasi yang baik; koordinasi yang baik; latar belakang pendidikan anggota komite sekolah; dan kepala sekolah yang selalu proaktif. Faktor peng¬hambat pelaksanaan program komite sekolah di SMA Unggulan Kota Yogyakarta adalah faktor kesibukkan pengurus komite seko¬lah dan jadwal/waktu pertemuan yang terbatas. (2) Pemberdayaan komite sekolah di SMA Unggulan Kota Yogyakarta dilakukan de¬ngan berbagai upaya komunikasi intensif dan terbuka antara pihak sekolah dengan komite sekolah, dan pelibatan komite sekolah da¬lam penyelenggaraan program kerja sekolah yang bersifat strategis. Secara umum kinerja komite sekolah berdampak positif terhadap terhadap mutu pendidikan di SMA Unggulan Kota Yogyakarta. Hal ini ditandai dengan adanya dukungan materiil maupun nonmateriil dalam berbagai program peningkatan mutu sekolah. FIP, 2008 (ADMINISTRASI PEND.)