TY - JOUR KW - Pembelajaran Matematika Realistik ID - UNY7365 SN - 978-979-16353-6-3 Y1 - 2011/12/03/ N2 - Objek matematika merupakan sesuatu yang abstrak sehingga guru matematika harus mampu mengkongkritkan objek matematika yang abstrak agar mudah dipelajari siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti membuat rancangan pendekatan pembelajaran yang menjadikan siswa terlibat aktif dengan mendekatkan matematika dengan lingkungannya, yaitu dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Pembelajaran PMR mengutamakan pengenalan konsep melalui masalah kontekstual, hal-hal yang konkrit atau dari lingkungan siswa dengan proses matematisasi oleh siswa dengan mengkonstruksikan idenya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan persamaan linier satu variable. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan, peneliti dapat mengungkapkan bahwa secara keseluruhan kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan rancangan pembelajaran, siswa dapat mengkonstruksi sendiri konsep persamaan linear satu variable dan terdapat satu kelompok yang langsung menyelesaikan masalah konstektual tanpa membuat matematika sehingga kesulitan untuk mendefinisikan pengertian dan menuliskan secara umum langkah-langkah penyelesaiannya. Kata kunci : Pembelajaran Matematika Realistik. PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY A1 - Dian Septi Nur Afifah AV - public TI - Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Di SMP Kelas Vii UR - http://www.uny.ac.id JF - Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran ER -