TY - JOUR A1 - Asep Ikin, Sugandi PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY N2 - Artikel ini melaporkan hasil temuan suatu kuasi eksperimen dengan disain tes akhir kelompok kontrol untuk menelaah pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe Thik Talk Write dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi dan penalaran matematis. Studi ini melibatkan 80 siswa dari tiga SMP level sedang di kota Cimahi. Instrumen penelitian terdiri dari dua set tes komunikasi dan penalaran matematis. Penelitian menemukan bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Thik Talk Write memberikan pengaruh terbesar dibandingkan dengan pengaruh pembelajaran konvensional dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi dan penalaran matematik. Ditemukan pula tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan level kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi maupun penalaran matematis. Kata Kunci : komunikasi matematis, penalaran matematis pembelajaran Kooperatif, Tipe TTW. Y1 - 2011/12/03/ SN - 978-979-16353-6-3 KW - komunikasi matematis KW - penalaran matematis pembelajaran Kooperatif KW - Tipe TTW ID - UNY7361 JF - Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran UR - http://www.uny.ac.id TI - Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis AV - public ER -