%K Kaidah Pencacahan, Buku Ajar, Pembelajaran Matematika, Alur Substansi %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alur substansi materi yang terjadi dalam proses pembelajaran matematika topik Kaidah Pencacahan dengan menggunakan buku ajar ”Matematika Kontekstual untuk SMA/MA Kelas XI Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam” di Kelas XI IPA3 SMA Kolese De Britto Tahun Ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi langsung dan observasi tidak langsung. Kegiatan analisis data dilakukan dalam tiga langkah, yaitu reduksi data, kategorisasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran di kelas XI IPA3 SMA Kolese De Britto terjadi alur substansi sebagai berikut. Pertemuan I: pengertian peluang, definisi faktorial dan contoh menyelesaikannya, penjumlahan dan pengurangan faktorial, perkalian dan pembagian faktorial, menyederhanakan faktorial, menyatakan dalam bentuk faktorial. Pertemuan II: menyederhanakan faktorial, menyatakan dalam bentuk faktorial, menentukan nilai n dengan mencari faktor persamaan kuadrat yang diperoleh dari penyederhanaan faktorial, definisi faktorial, kaidah pencacahan, filling slot dan contohnya. Pertemuan III: latihan filling slot. Pertemuan IV: permutasi unsur berbeda dan contohnya, permutasi unsur sama dan contohnya, permutasi siklik dan contohnya, latihan soal permutasi. Pertemuan V: kombinasi, perbedaan dan hubungan kombinasi dan permutasi, soal kombinasi, penjabaran binom, segitiga pascal, binomial newton. Pertemuan VI: contoh binomial newton dan latihan soal dari faktorial sampai binomial newton. Kata kunci: Kaidah Pencacahan, Buku Ajar, Pembelajaran Matematika, Alur Substansi. %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %A Agata Susilo Ernawati %A M. Andy Rudhito %A H.J. Sriyanto %T Alur Substansi Materi Pelajaran dalam Pembelajaran Matematika Topik Kaidah Pencacahan dengan Menggunakan Buku Ajar di Kelas XI IPA SMA Kolese De Britto %D 2011 %J Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran %L UNY7358