TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/73525/ KW - Quality of service KW - student satisfaction KW - and student loyalty Y1 - 2022/06/27/ A1 - Trisela, Lika PB - Fakultas Ilmu Pendidikan ID - UNY73525 M1 - tesis AV - restricted TI - PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN SISWA TERHADAP LOYALITAS SISWA SMAS SE-KECAMATAN KUTOARJO N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo, (2) pengaruh kepuasan siswa terhadap loyalitas siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo, (3) pengaruh kualitas layanan pada loyalitas siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo, dan (4) pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan siswa secara bersama-sama terhadap loyalitas siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survei. Penelitian dilakukan di SMAS Muhammadiyah Kutoarjo, SMAS Darul Hikmah, dan SMAS Widya Kutoarjo. Sampel penelitian ini sebanyak 146 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan uji validitas instrumen diperoleh rhitung > rtabel sebesar 0,227. Selain itu, hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa ralpha < rtabel adalah 0,60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa di SMAS Muhammadiyah Kutoarjo dan SMAS Widya Kutoarjo yang dibuktikan dengan nilai t = (6,700) > (1,983) untuk SMK dan t = (3,003 ) > (2,776) untuk SWK. Sedangkan hasil yang berbeda ditunjukkan di SMA Darul Hikmah Kutoarjo bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa dibuktikan dengan nilai t = (1,857) > (2,034). (2) Kepuasan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo dibuktikan dengan diperolehnya t = (6,313) > (1,983) untuk SMK, t = (4,428) > (2,034) untuk SDH, dan t = (4.548) > (2.776) untuk SWK. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo dibuktikan dengan nilai t = (5,635) > (1,983) untuk SMK, t = (3,586) > (2,034) untuk SDH, dan t = (3,205) > (2,776) untuk SWK. (4) kualitas pelayanan dan kepuasan siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo. Hal ini dibuktikan dengan nilai F = (25,450) > (3,94) di SMK, F = (16,005) > (3,28) di SDH, dan nilai F = (10,015) > (6,94) di SWK. ER -