%T PELAKSANAAN SUVERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN STANDAR PENDIDIK DI SMP SE KABUPATEN PURBALINGGA %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %K Academic Supervision, Improvement of Educator. %A Intan Mutiara Kusuma %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam proses supervisi akademik yang efektif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kejebong dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pangadegan Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif desktiftif studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui uji kreadibilitas, transfermabilitas, dependabiltas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, kemudian menampilkan data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Standar Pendidik SMP Se-Kabupaten Purbalingga Pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik di SMP Negeri 1 Kejebong dan SMP Negeri 1 Pangadegan terlebih dahulu dengan menyusun program perencanaan tahunan maupun semester. menyusun program supervisi yang dimulai dari merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan hasil supervisi akademik. Agar pengawas sekolah dapat melaksanakan kegiatan supervisi sesuai jadwal, maka kepala sekolah harus memiliki kompetensi membuat program supervisi akademik. Perencanaan program supervisi akademik adalah penyusunan dokumen sesuai kebutuhan untuk melaksanakan supervisi. Program Supervisi disusun dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan dilaksanakan seorang Pengawas Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi. Pelaksanaan supervisis akademik dimulai dengan memeriksa program pembelajaran yang dimiliki oleh guru. Selanjutnya pengawas sekolah memberi jadwal kapan beliau akan melaksanakan supervisi atau kunjungan kelas untuk mengamati performa guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya di dalam kelas. Evaluasi supervisi akademik di lakukan adalah untuk melihat apakah suatu program yang telah direncanakan telah tercapai atau belum, atau untuk dapat melihat hasil tingkat efisiensi pelaksanaan supervisi yang di lakukan oleh pengawas sekolah terhadap guru. Tindak lanjut dari hasil supervisi akademik merupakan akhir dari kegiatan supervisi. Didalam kegiatan tindak lanjut ini sangat diharapkan terjadi perubahan yang positif terhadap seorang guru yang pernah disupervisi. %L UNY73524