eprintid: 73503 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/07/35/03 datestamp: 2022-06-23 08:01:55 lastmod: 2022-06-27 07:11:30 status_changed: 2022-06-23 08:01:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amajida, Abiyyu corp_creators: Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. title: Evaluasi Manajemen Kelas Khusus Olahraga SMA Negeri 4 Yogyakarta ispublished: pub subjects: olahraga divisions: fik_pkr_ik full_text_status: public keywords: evaluasi, manajemen, Kelas Khusus Olahraga, SMA Negeri 4 Yogyakarta note: Dosen Pembimbing: Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. abstract: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui evaluasi manajemen kelas khusus olahraga (KKO) Sekolah Menengah Atas Negeri atau SMA N 4 Yogyakarta dikaji dari aspek context, input, process dan product sekaligus mengetahui apakah program KKO yang telah berjalan di SMA N 4 Yogyakarta telah dikelola secara optimal. Evaluasi dilihat dari aspek context, input, process dan product karena penelitian ini akan menggunakan model evaluasi CIPP. Sesuai dengan paragraf sebelumnya penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran (mix method) dengan model evaluasi CIPP. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling sehingga mendapatkan sampel pengelola program berjumlah enam orang dan siswa KKO kelas XII yang berjumlah 36 orang. Evaluasi menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu evaluasi manajemen KKO SMA N 4 Yogyakarta dari keseluruhan aspek mendapatkan nilai 3,18 yang berarti sedang sehingga manajemen KKO SMA N 4 Yogyakarta masih belum optimal. Hasil dari masing-masing aspek yaitu aspek context masuk kriteria baik, input sedang process kurang dan product sedang. Terdapat catatan penting yang bersifat fundamental pada aspek input, process dan product. Oleh karena itu rekomendasi dari peneliti bagi pengelola antara lain aspek context untuk lebih dioptimalkan agar menjadi lebih baik lagi, aspek input yaitu mengubah penjurusan siswa KKO dari IPS ke IPA karena tidak sesuai dengan input yang diinginkan oleh fakultas keolahragaan, aspek process memutuskan apakah siswa KKO akan menggunakan kurikulum IPA seperti siswa reguler atau membuat kurikulum baru dan aspek product bekerjasama dengan Walikota Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota serta Provinsi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa KKO di tingkat SMA akan lebih tepat dan optimal jika dimasukkan ke dalam jurusan IPA. date: 2022-06-20 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan department: Ilmu Keolahragaan thesis_type: tesis citation: Amajida, Abiyyu (2022) Evaluasi Manajemen Kelas Khusus Olahraga SMA Negeri 4 Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/73503/1/fulltext_abiyyu%20amajida_20611251005.pdf