%0 Thesis %9 S2 %A Rahmadayanti, Evilia %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Manajemen Pendidikan %D 2022 %F UNY:73484 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K management program, Cambridge Class, Cambridge Curriculum. %T MANAJEMEN PROGRAM CAMBRIDGE CLASS DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/73484/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan manajemen Cambridge class di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Manajemen Program Cambridge Class di SMA Negeri 1 Yogyakarta meliputi Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Monitoring Program Cambridge Class. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti mendapatkan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi pada lembaga yang bersangkutan (SMA Negeri 1 Yogyakarta). Peneliti melakukan wawancara dengan beberapa responden terkait tentang penyelenggaraan Cambridge center dan manajemen Cambridge Class terdiri dari Kepala Sekolah, Pengelola Cambridge Class dan guru yang mengajar di kelas Cambridge. Observasi kelas Cambridge mencakup aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen program kelas Cambridge dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan monitoring program yang dilakukan oleh Kepala sekolah beserta seluruh jajarannya. Program Cambridge Class mendapat apresiasi yang baik dari sekolah, wali murid, murid, dan masyarakat. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Program Cambridge Class tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan awal antara pengelola dan pemimpin sekolah, pengembangan program, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta monitoring yang berjalan secara sistematis dan berkesinambungan.